Unaaha, Koransultra.Com – Bupati Kabupaten Konawe,Kery Saiful Konggoasa, resmi melantik 123 Kepala desa periode 2020 – 2026 terpilih yang mengikuti pemilihan kepala desa pada tanggal 12 desember 2019 lalu digedung Wekoila,senin (10/02).

Hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, Ketua DPRD Kabupaten Konawe, H.Ardin, Sekda Konawe, Ferdinand, Kapolres Konawe, AKBP.Susilo setiawan, Ketua Pengadilan Negeri Unaaha, Pabung 1417 Kendari, kepala OPD sekabupaten Konawe,para Kabag,serta para Camat sekabupaten Konawe.

Dalam sambutannya Bupati Konawe, Kerry Saiful Konggoasa , yang dibacakan oleh Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, mengatakan pemilihan Kepala Desa serentak yang telah dilaksanakan bulan desember tahun 2019 kemarin merupakan amanat dari perundang-undangan yang harus dilaksanakan dalam mewujudkan proses demokrasi ditingkat desa secara efektif dan efisien.

“Proses demokrasi ditingkat desa harus dimaknai sebagai awal proses dalam rangka mewujudkan masyarakat desa yang sejahtera, maju dan mandiri.” katanya.

Dirinya menyampaikan seiring perubahan regulasi yang mengatur tentang desa, dimana desa saat ini mempunyai peranan penting sebagai subjek pembangunan yang mempunyai hak dan kewenangan untuk mengatur urusan rumah tangganya.”Konsekuensi dari hal tersebut adalah dimana desa diberikan dana yang cukup besar untuk dikelola dan dimanfaafkan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat desa.” jelasnya kemudian.

Selain itu mantan ketua DPRD Konawe ini juga berharap antara Pemerintah desa dan instansi terkait kedepan dapat bersinergi dalam melakukan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan didesa.

Diakhir sambutannya Bupati berpesan kepada Kepala Desa terpilih agar dalam menjalankan roda pemerintahan di desa nantinya memilih aparat yang paham informasi dan transaksi elektronik .

“Kepala desa harus memilih aparat desa yang pandai ITE, agar penyelenggaraan pemerintahan desa serta pengelolaan keuangan desa dapat berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan,” Pungkasnya.

Kontributor: Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here