Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga saat mengisi data diri, pada kegiatan Sensus Penduduk Online (SPO) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Konsel. Foto:Kasran/Koransultra.Com

Andoolo, Koransultra.Com – Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar Sensus Penduduk Online (SPO) serentak secara Nasional, Pada 15 Februari – 31 Maret 2020.

Salah satunnya di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), yang mana pegisian SPO perdana dilakukan oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga dan Keluarga. Sekaligus juga pembukaan pertama dimulainya SPO tahun 2020.

SPO yang dipimpin langsung Kepala BPS Konsel, Muh Amin bersama jajaran, yang secara langsung mengambil dan mengisi data diri peserta (Surunuddin red) Sensus Penduduk Online, melalui website yang telah tersedia.

Usai pengimputan SPO, H. Surunuddin berharap Sensus Penduduk Online 2020 dapat berjalan dengan baik dan lancar, dengan harapan seluruh lapisan masyarakat di Konsel untuk turut menyukseskan sensus ini, dengan berpartisipasi secara aktif mengisi data keluarga sesuai kondisi dan fakta yang ada dalam keluarganya secara valid.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Konsel, untuk bersama-sama menyukseskan Sensus Penduduk Online 2020 ini. Dengan mengisi data diri dan seluruh keluarga dengan baik dan benar, dalam rangka mendukung program pemerintah menuju Satu Data Kependudukan Indonesia,” ungkap Surunuddin Dangga di kediamannya Pendopo Rujab Bupati Konsel, Senin (17/2/2020).

Olehnya itu, tambah dia, saya memerintahkan kepada seluruh pimpinan OPD, Camat hingga ke tingkat pemerintah Desa untuk berkomitmen bersama-sama dalam mensukseskan kegiatan Pemerintah dengan menginformasikan kepada masyarakat agar turut berpartisipasi dalam program tersebut.

“Ayo isi data diri dan keluarga melalui
situs https://sensus.bps.go.id, pastikan terdata dalam sensus ini, yang juga merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan di daerah dan nasional, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui program pembangunan tepat sasaran,” tambahnya.

Untuk diketahui, Sensus Penduduk Online 2020 terdiri dari tiga tahapan pengumpulan data. Pertama, Sensus Penduduk Online (SP Online) yang dilaksanakan pada 15 Februari – 31 Maret 2020. Kedua, Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara) dilaksanakan pada 1-31 Juli 2020, dan terakhir, Pencacahan sampel di bulan Juli 2021, yang sensusnya dapat dilakukan kapan saja secara mandiri selama periode pelaksanaan Sensus Penduduk Online.

Adapun beberapa berkas yang harus disiapkan sebelum melakukan pengisian, di antaranya KTP, KK, Buku Nikah (jika sudah menikah), Surat Cerai (jika bercerai) dan Akta Kelahiran.

Kontrubutor: Kasran

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here