Wakatobi, Koransultra.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Wakatobi, Jum’at (28/2/2020).

Menhub Budi Karya Sumadi tiba di Bandara Matahora, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, sekitar pukul 17.00 Wita. Mengunakan pesawat King Air PK-Can.

Menurut pantauan Koransultra.com, Menhub Budi turun dari pesawat bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Di Bandara Matahora, Menteri Perhubungan RI disambut oleh Bupati Wakatobi H Arhawi, Sekda Kabupaten Wakatobi La Jumadin, Kapolres Wakatobi AKBP Anuardi, Kepala Pengadilan Negeri Wakatobi Nyoto Hindaryanto, Perwira Penghubung Kodim 1413 Buton di Wangi-Wangi, Mayor Inf Ilham Katili.

Rombongan langsung disambut dengan tarian khas Wakatobi, Menhub Budi langsung dipasangkan oleh putra-putri berpakaian adat Buton berupa sebuah Kampurui.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan, Bandara Matahora, Wakatobi, Sulawesi Tenggara merupakan satu dari enam destinasi pariwisata yang menjadi perhatian pemerintah pada tahun 2021.

“Setelah lima Bali baru tahun 2020 ini, ada lima Bali baru yang akan dikembangkan tahun 2021. Salah satunya Wakatobi, oleh karenanya pengembangan itu akan kita lakukan tahun 2021. Wakatobi satu dari konsen bapak Presiden Jokowi, hari ini kita lakukan pengamatan dan diskusi. Untuk konektivitas udara, lapangan sudah oke walaupun nanti kita akan pikirkan untuk dikembangkan,” ujar Menhub.

Dikatakannya, Ia akan menyampaikan kepada Bapak Presiden Jokowi
ada satu langkah-langkah yang strategis yang bisa memberikan dukungan bagi Wakatobi sebagai 10 Top destinasi wisata.

“Kita diskusi tadi berkaitan dengan kapal-kapal yang bergerak disini ada masukan dari pak Bupati, bahwa harus ada inpropmen dari dermaga, kapal dan sebagainya. Nanti kami akan bahas secara khusus, oleh karenanya saya menugaskan teman-teman yang ada disini untuk menginfentarisasi apa permasalahannya, nanti ini akan menjadi program di tahun 2021,” katanya.

“Diskusi ini kita akan bahas beberapa spot di Wakatobi, Raja Ampat, Morotai, Tanjung kelayang. Kita akan diskusikan supaya turis itu diberikan kemudahan untuk tempat destinasi. Untuk penerbangan di Wakatobi setiap hari satu penerbangan dari Kendari – Wakatobi, Wakatobi-Kendari. Ini juga kurang, kita akan kumpulkan juga penerbangan-penerbangan gimana solusinya yang akan di berikan untuk Wakatobi,” paparnya.

Usai melakukan tinjauan, Menteri Perhubungan bersama rombongan langsung pulang dengan menggunakan pesawat yang sama pada pukul 17.30 Wita dari Bandara Matahora Kabupaten Wakatobi menuju Bandara Sultan Hasanudin Makassar.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here