Bupati Wakatobi H Arhawi di dampingi ketua TP.PKK dan Forkompimda Saat Pemukulan Gong dan Pelepasan Balon Udara.
Foto: Surfianto

Wakatobi, Koransultra.com – Pelaksanaan Jambore PKK  terkait peringatan HKG PKK ke 48 tahun 2020 di Kabupaten Wakatobi diawali dengan Senam lansia, Lomba parade defile dan Lomba yel-yel 10 program Pokok PKK di Lapangan Merdeka, Wakatobi, kegiatan akan berlangsung selama dua hari. Minggu (1/3/2020).

Kegiatan jambore PKK 2020 dibuka oleh Bupati H Arhawi, didampingi Ketua TP.PKK Kab. Wakatobi Ny. Safaria Arhawi, Sekda kab. Wakatobi La Jumadin, dan  Ketua DPRD Kab. Wakatobi H Hamiruddin dengan ditandai pemukulan gong dan pelepasan balon udara.

Lomba diikuti oleh 900 peserta dalam kategori lomba yel-yel, lomba tarompa, lomba balita sehat, lomba simulasi pola asuh anak dan remaja, lomba pembuatan alat permainan edukasi, lomba pemanfaatan limba plastik dan lomba vokal grub. yang diikuti oleh peserta dari 8 kecamatan.

Ketua TP.PKK Kab. Wakatobi Ny. Safaria Arhawi pada kesempatan itu menegaskan, PKK merupakan gerakan masyarakat sebagai mitra kerja pemerintah yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai etika, moral dan sikap dalam keluarga sebagai kesatuan terkecil dan sendi dasar kehidupan masyarakat melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK.

Maka dari itu dalam pelaksanaan Jambore PKK serangkaian Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-48 di Kabupaten Wakatobi diadakan lomba –lomba yang dapat memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat.

Pelaksanaan jambore diawali dengan lomba yel-yel yang merupakan sebuah bentuk implementasi dari para kader PKK desa/ kelurahan. Yel-yel yang disampaikan adalah merupakan penjabaran dari 10 program pokok PKK, yang tidak hanya berupa program namun langsung dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya sangat mengapresiasi kreativitas ibu-ibu PKK, seperti dalam lomba yel-yel, dengan seni dan kreativitas mereka berusaha memadukan 10 program pokok PKK sehingga mudah diingat, dan dipahami,” ujar Ny. Safaria Arhawi.

Sementara itu Bupati Wakatobi H Arhawi mengapresiasi kegiatan jambore PKK tingkat kabupaten, sebab kegiatan ini dapat dijadikan  media untuk menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam mengimplementasikan 10 program pokok PKK, guna mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera.

Hal ini sangat penting terutama bagi para kader, dalam melakukan pembinaan dan penyuluhan di tengah masyarakat, disamping untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari. 

“Sebagai pimpinan daerah saya bangga dengan kekompakan Kader PKK dalam mendukung program PKK dan pada hari ini telah mewarnai berbagai bentuk kegiatan PKK,” ujar H. Arhawi.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here