Unaaha, Koransultra.com — Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi,SH buka Pameran Konawe Expo Tahun 2020, secara resmi di lapangan bumi perkemahan Sulemandara, dalam rangka menyambut HUT Konawe ke-60 tahun didesa Amesiu Kecamatan Pondidaha.

Pembukaan acara ini dihadiri Kapolda Sultra, Dan Lanud, Dandrem 143 HO serta unsur Forkopimda provinsi sulawesi tenggara, Wakil bupati Konawe, Kapolres Konawe serta pabung, Sabtu 29 Februari 2020.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada bapak Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH, yang dikarenakan program Gubernur yang dipadukan dengan program Pemerintah daerah, menjadikan Kabupaten Konawe tertinggi indeks pendapatan perkapitanya.

Hal tersebut berdasarkan data dari Badan Statistik Kabupaten Konawe, yang menunjukan bahwa indeks pendapatan perkapita Kabupaten Konawe lebih tinggi dibandingkan dengan Kabupaten lain yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Ini menunjukan bahwa Kabupaten Konawe, memasuki usia yang ke-60 tahun terus mengalami perkembangan dan pertumbuhan diberbagai sektor,” ungkapnya.

Diketahui, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Konawe tertinggi diantara 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra). Pada tahun 2019, ekonomi Konawe bertumbuh di angka 9,2 persen. Meningkat 1,09 persen dari tahun 2018 yang hanya mampu menembus angka 7,44 persen.

Tercatat, angka pertumbuhan ekonomi Konawe di tahun 2015 sebesar 6,11 persen, lalu di tahun 2016 5,53 persen, tahun 2017 5,21 persen, tahun 2018 berjumlah 7,44 persen, dan di tahun 2019 sebesar 9,20 persen.

Pertumbuhan ekonomi Konawe ini mulai terasa di tahun 2018 yang meningkat 223 persen dari tahun 2017, usai dari tahun 2015 hingga 2017 mengalami kondisi stagnan. Pertumbuhan ini mendorong Konawe melampaui Kota Kendari yang tahun ini hanya di angka 6,66 persen, disusul Kabupaten Konawe Kepulauan sebesar 6,36 persen.

Rombongan Gubernur Sultra, H.Ali Mazi, SH disambut tarian adat Tolaki.

“Pertumbuhan ekonomi di Konawe meningkat melalui sektor unggulan dalam program Konawe Gemilang. Yakni Sektor Pertanian, Peternakan dan Perikanan termasuk dari sektor Industri,” katanya.

Tidak hanya itu, Bupati dua periode ini, membeberkan pada tahun 2023 kedepan industri terbesar akan dibangun dikecamatan Routa sehingga dirinya mengharapkan agar tidak ada lagi perdebatan terkait masuknya investor di Kabupaten Konawe.

Sementara itu, Gubernur Sultra, H.Ali mazi dalam sambutan memuji dan memberikan apresiasi terhadap keberhasilan Pemerintah Daerah.

Menurutnya Kabupaten Konawe telah memberikan Kontribusi yang positif bagi pembangunan Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Kabupaten Konawe merupakan sentral pertumbuhan ekonomi buat masyarakat provinsi Sultra,” ungkapnya.

Untuk itu dirinya berharap agar pemerintah menjaga segala aset yang berada di Kabupaten tertua tersebut selain itu, sebagai sentral pangan dirinya berharap agar Pemerintah Kabupaten Konawe tetap menjaga Lumbung Pangan agar tetap produktif,hal itu dikarenakan karena Konawe merupakan salah satu Lumbung pangan Sulawesi Tenggara.

“Kami akan terus memberikan dukungan bantuan stimulan dan pembangunan masyarakat kabupaten Konawe sesuai potensinya,” Katanya.

Usai memberikan sambutan, Gubernur Sultra , H.Ali Mazi,SH berkesempatan menyerahkan bantuan sapi ternak secara simbolis kepada para kelompok tani.

Kontributor: Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here