Wakil Ketua I DPRD Konsel, Armal saat memimpin jalanya Rapat Dengar Pendapat (RDP), bersama pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel. Foto: Kasran/Koransultra.Com

Andoolo,Koransultra.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konsel menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP), bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) soal realisasi pembayaran gaji ASN lingkup Pemda Konsel.

Wakil Ketua I DPRD Konsel, Armal langsung mempertanyakan alasan Pemerintah Daerah sehingga realisasi gaji bagi ASN menuai keterlambatan.

“Kiranya Kepala Dinas Keuangan Daerah dapat menjelaskan penyebab keterlambatan pembayaran gaji bagi ASN dibulan Februari lalu,” tanya Armal, Senin (2/2/2020).

Dr. Sahlul selaku Kadis Keuangan Daerah menjelaskan bahwa penyebab keterlambatan sejumlah gaji ASN karena tahun 2019 terjadi devisit anggaran sehingga dilakukan pembiayaan dahulu.

“Dibulan Januari harus dibayar 30 M dan sisanya diselesaikan dibulan Februari, jadi kendalanya tidak berimbangnya uang masuk dan uang keluar karena hampir semua kegiatan berpusat di bulan januari” jawab Sahlul.

Menanggapi keterangan Kadis Keuangan Daerah, Ketua Komisi I DPRD, Nadira SH memintah agar kondisi tersebut tidak terjadi lagi dibulan-bulan berikutnya.

“Kami berharap permasalahan yang ada bisa segera diselesaikan. Karena kami tidak inginkan setiap bulan yang dipermasalahkan keterlambatan hanya peroalan gaji ASN,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Konsel, Herman Pambahako tidak sepakat dengan penjelasan dari pihak Pemerintah (Dinas keuangan red).

menurut Herman, keterlambatan gaji tersebut bisa saja karena disebabkan tata kelolah keuangan yang lemah sehingga tidak maksimalnya penyerapan anggaran.

Menanggapi pertanyaan perwakilan Dewan, Sahlul kembali menegaskan bahwa keterlambatan gaji bukan karena tata kelola keuangan yang lemah. Namun karena adanya peralihan pada system Simda ke Simral, yang memang agak berat yang pada akhir tahun 2019 yang dimana semua OPD harus menyiapkan laporan keuangan secara Online.

“Insyaallah sebelum tanggal 10 maret bulan ini, semua sudah akan normal kembali keuangan daerah kita,” janji Sahlul.

Kontributor: Kasran

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here