Suasana saat Bawaslu Mubar menggelar sosialisasi advokasi pelanggaran dan pidana pemilu. Foto:Deddy/Koransultra

Laworo, Koransultra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muna Barat (Mubar) tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi tentang pengawasan partisipatif masyarakat terhadap tahapan dan proses pemilu dan pemilihan berkelanjutan.

Kali ini Bawaslu Mubar menggelar sosialisasi advokasi pelanggaran dan pidana pemilu yang berlokasi di balai pertemuan Desa Nihi Kec. Sawerigadi. Selasa (03/03/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kasat Reskrim Polres Muna/Mubar, AKP Muh. Ogen Sairi Serta Panwascam, kepala BPD, dan Lembaga pemberdayaan masyarakat se Mubar.

Ketua Bawaslu Mubar, Ishak dalam sambutannya mengatakan, walaupun Mubar tidak akan melaksanakan Pilkada, penyelenggara pemilu seperti Bawaslu selalu bersosialisasi tentang pengawasan pemilu dan pemilihan berkelanjutan.

“Sesuai regulasi yang ada, di Mubar sudah tidak ada Pilkada, tetapi untuk UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu sudah masuk program legislasi nasional untuk dibahas di DPR RI. Namun kami Bawaslu selalu bersosialisasi tentang pengawasan pemilu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan,” ungkap Ishak.

Di tempat yang sama, Kordiv Hukum dan Penanganan Pelanggaran (HPP) Bawaslu Mubar, LM. Yasri juga mengatakan, Bawaslu dengan keterbatasan personil harus bekerja maksimal dalam melakukan dan meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat.

“Sebagai contoh, untuk laporan masyarakat terhadap pelanggaran dalam pemilu dan pilgub tahun lalu di Mubar itu masih minim. Namun Bawaslu Mubar terus akan bekerja maksimal dalam menangani berbagai pelanggaran pemilu. Sehingga kami hari ini gencar bersosialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat,” jelas Yasri.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Muna/Mubar AKP. Muh. Ogen Sairi dalam sambutannya menjelaskan, untuk menangani pelanggaran tindak pidana pemilu, ada tiga lembaga Negara digabung menjadi satu yakni Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu). Yakni Bawaslu, Polri, dan Kejaksaan.

“Tujuannya adalah menyamakan persepsi dalam menangani tindak pidana pemilu”, Ungkap mantan Kapolsek Katobu tersebut.

AKP Muh. Ogen Sairi juga menghimbau untuk menekan angka kriminalitas di masyarakat dengan cara selalu menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat Sawerigadi untuk menjaga kamtibmas dilingkungan masing-masing. Jadilah contoh dan panutan yang terbaik khususnya dalam keluarga kita”, tutupnya.

Kontributor: Deddy

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here