Laode Muslimin Hibali, Kepala BPBD Kota Baubau, saat memantau pohon tumbang di Jalan Sijawangkati, Kelurahan Lamangga Kota Baubau.

Baubau, Koransultra.com – Sebuah pohon besar diperkirakan berusia puluhan tahun, tiba-tiba tumbang lalu menghantam 1 tiang PLN, 2 tiang Telkom dan 1 unit kendaraan roda dua (Yamaha Mio) berwarna merah posisi parkir, di jalan Sijawangkati Kelurahan Lamangga, tepatnya di depan sebuah Kios, sekitar pukul 12.00 Wita, Selasa (03/02/2020).

Dari keterangan RT setempat, mula-mula pohon jenis Kayu Jawa itu perlahan roboh, sempat ada murid-murid SD yang hendak pulang, namun cepat menghindar, sehingga tidak ada korban. Katanya.

Masih di lokasi pohon tumbang, Ibu Zam, Lurah Lamangga kepada Media juga mengatakan, “Setelah kami dapat info dari warga, langsung kita cek ke Lokasi,” Katanya.

Pantauan media ini, situasi dilokasi cukup kondusif dan terlihat pula aparat Kepolisian (Bhabinkamtibmas,red). Tidak lama kemudian, Kepala BPBD Kota Baubau, Laode Muslimin Hibali, tiba di lokasi dan langsung mengarahkan anggotanya.

Kepada media, dikatakannya, jika Pohon-pohon yang ada disekitar Stadion ini, utamanya Pohon kayu Jawa memang memiliki akar yang kurang kuat (mudah rapuh), apa lagi ditambah umur pohon sudah tua, sekitar 15 – 20 tahun, sehingga kapan saja bisa roboh.

“Bukan angin, kalau kita lihat, pohon ini tumbang karena memang akarnya sudah rapuh,” Ucap Muslimin.

Ket.Foto : Pohon tumbang, jenis Kayu Jawa yang sementara dipangkas oleh operator menggunakan alat pemotong kayu (senso,red)

Ditaksir, untuk kerugian tercatat, 1 bauh kendaraan roda dua (Yamaha Mio) rusak berat dan sejumlah jualan berupa bensin yang sempat dikena pohon tumbang, sehingga total kerugian berkisar Rp 5,5 juta.

Selanjutnya, sekitar lebih tiga jam lamanya, batang pohon tumbang sudah dapat dieksekusi dengan aman, menggunakan alat (mesin) pemotong kayu (senso,red), parang dan juga kendaraan Dinas Kebersihan Kota Baubau guna mengangkut ranting pohon yang telah dipangkas.

Masih Kepala BPBD Baubau, ia menyebutkan, jika pohon-pohon yang ada disekitaran Stadion ini memang sudah harus dilakukan pemangkasan, takutnya dapat terulang kejadian yang sama.

“Ini kan harusnya dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar lebih intensif memantau lokasi-lokasi yang ditumbuhi pohon-pohon yang rentan tumbang, utamanya pohon kayu jawa ini” Tandasnya.

Kontributor : ATUL WOLIO

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here