Unaaha, Koransultra.com – kesekian kalinya para aparat desa diberi harapan terkait pembayaran honor mereka selama 15 bulan yang belum terbayarkan oleh Pemda Konawe.

Dimana sebelumnya Seketaris Daerah (SEKDA) Konawe, Ferdinand, melalui media online, Koran sultra.Com, mengatakan honor aparat bakal dibayarkan akhir bulan Januari 2020, akan tetapi sampai memasuki bulan maret belum terealisasi.

Kini angin segar tersebut berhembus kembali, kali ini datangnya dari kepala BPKAD Konawe,Santoso, saat diwawancarai usai mengikuti rapat paripurna DPRD Konawe, rabu 3 maret 2020.

Kata santoso, terkait pembayaran honor aparat desa pihaknya sementara melakukan koordinasi dengan BPMD Konawe terkait jumlah desa yang belum menyertakan APBDES.

“Kalau APBDesnya telah selesai akan dibayarkan” katanya.

Dirinya mengatakan tertundanya pembayaran pada bulan Januari 2020 seperti yang dijanjikan tersebut disebabkan pihak Pemerintah Desa belum menyelesaikan ABPDes.

Diketahui Total honor aparat desa dalam setahun mencapai 57 Milyar dan masuk dalam dana hibah yang mana harus dimasukan dalam APBDes karena merupakan utang Pemerintah Daerah.

Lanjutnya pembayaran hutang hibah kepada Pemerintah Desa dalam hal ini honor aparat desa tersebut kembali dilihat dari kondisi keuangan daerah kalau stabil akan dibayarkan 15 bulan tetapi bila tidak stabil maka pembayaran hanya 2 bulan saja.

“Tetap akan dibayarkan,tidak ada hangusnya ,untuk tahun ini akan dibayarkan honor tahun 2019 , tetapi kalau kita bayar satu kali maka kita tidak akan ada kegiatan,” Lanjutnya.

Terkait kondisi keuangan daerah Kabupaten Konawe dirinya mengatakan stabil dilihat dari roda pemerintahan yang terus berjalan sebagaimana mestinya.

Kontributor: Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here