Tim medis tengah melakukan Rapid Tes pada salah satu ODP Covid-19 Foto: Nasruddin/Koransultra.com

Unaaha, Koransultra.Com – Tim percepatan penanggulangan Covid-19 Kabupaten Konawe, melakukan Rapid Tes Covid-19 hari ini, Minggu 29 Maret 2020 di Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe.

Setidaknya ada tujuh orang yang masuk kategori sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilakukan pemeriksaan oleh tenaga medis dari BLUD RSUD Konawe didampingi oleh Tim Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Konawe.

Kepala Dinas Kabupaten Konawe, dr. Mawar Taligana, melalui Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, Syamsul mengatakan, pemeriksaan tersebut bakal dilaksanakan bertahap.

“Terkait waktunya kita akan terus konfirmasi kepada tenaga medis di BLUD RSUD Konawe dalam hal ini dr.Uci. Sebab rapid tes yg berjumlah 40 telah kita serahkan kepada pihak rumah sakit,” katanya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pemeriksaan rapid tes hari ini dilakukan pada satu titik yakni di Kelurahan Tumpas dimana terdapat delapan ODP. akan tetapi satu ODP tidak dilakukan tes diakibatkan yang bersangkutan sedang tidak berada di tempat.

“Satu orang ODP merupakan pelayan toko sedang pulang kekampung halamannya dan kami sudah arahkan pemilik toko untuk menghubungi yang bersangkutan untuk kembali melakukan rapid tes.” Jelasnya.

Lanjut samsul, Rapid Tes untuk Kabupaten Konawe yang tiba kemarin berjumlah 40 RDT,sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) Kabupaten Konawe untuk saat ini berjumlah 69 orang,belum termasuk para perawat medis sehingga pihaknya masih menunggu alat Rapid tes dari Dinas Kesehatan Provinsi Sultra.

“Kita masih menunggu kekurangan Rapid tes tersebut,yakni sekitar 10 ribu Rapid Tes yang belum tiba untuk Provinsi Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan Ketujuh ODP tersebut kini dibawa kelaboratorium BLUD RSUD Kabupaten Konawe, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
dr.Nila, salah satu dokter yang menangani hal tersebut ketika dikonfimasi terkait hasil tes RT Covid-19 ketujuh ODP, menyampaikan akan mengumumkan hasilnya usai dilakukan pemeriksaan sampel darah dilaboratorium BLUD RSUD Konawe hari ini.

“Besok kita akan umumkan hasil rapid tes ketujuh ODP tersebut,” ungkap dr. Nila melalui via telpon.

Diketahui, terhitung tanggal 29 Maret 2020 data untuk Kabupaten Konawe ODP sebanyak 69 orang dengan rincian 49 WN Tioangkok yang bekerja sebagai TKA di Morosi.
11 orang dikelurahan Tumpas
8 orang dikelurahan Ambekairi
1 orang dari kecamatan Lambuya.

Kategori PDP
1 Orang Kecamatan Routa
2 Orang Kecamatan Unaaha
yang sedang menjalani isolasi di Rumah Sakit Bahteramas Kendari yang terkonfirmasi positif.

Kontributor : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here