Sekda Konawe, Ferdinand melantik Drs. Dema Banda selaku Kadis Capil Konawe. Foto: Nasruddin

Unaaha, Koransultra.Com – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe baru saja melantik pejabat eselon II lingkup Pemda Konawe, di aula Inowa, Kamis (30/4/2020).

Pelantikan Drs.Dema Banda selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Konawe tersebut berdasarkan dengan SK Mendagri nomor 821.22/758/IV/2020 dan berdasarkan dengan SK Bupati Konawe nomor 128 tahun 2020.

Ferdinand mengatakan pelantikan tersebut sesuai rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang mana pada pasal 4 yang menjelaskan Jabatan Kadis Capil harus mengacu pada Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri untuk bisa dilaksanakan pelantikan, “Sehingga pelantikan untuk Jabatan Kadis Capil tersebut kemarin tertunda.” ungkapnya.

Seyogyanya pelantikan,Dema, sendiri bersamaan dengan 15 pejabat eselon II lainnya pada tanggal 13 Mei 2020 lalu akan tetapi pelantikan tersebut harus ditunda dikarenakan untuk jabatan kadisducapil itu sendiri harus melalui proses persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang dibuktikan dengan Surat Keputusan.

Dirinya juga mengharapkan kepada Disdukcapil yang baru saja dilantik sekiranya dapat bekerja dengan baik dan apa yang telah dikerjakan pejabat pelaksana sebelumnya dapat ditingkatkan lagi, apalagi saat ini tengah dilakukan validasi data BLT untuk masyarakat miskin sebagai dampak Covid-19.

Ketika ditanya mengenai pelantikan tersebut seolah dipolitisir, pasca ketua DPRD Konawe yang juga suami dari Rini Adriani mantan Pejabat pelaksana tugas Kadis Capil Konawe mengeluarkan statemen mendesak pemerintah daerah untuk membayarkan 18 bulan honor aparat desa, Ferdinan dengan tegas mengatakan tidak ada nuansa politik didalam pelantikan tersebut.

“Tidak ada nuansa politis dari pelantikan yang kami lakukan, karena pelantikan saudara Dema Banda telah melalui proses yang panjang, dimulai dari tahap seleksi oleh Pansel sampai tahap asessmen yang dilakukan oleh KASN,” pungkasnya.

Kontributor : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here