Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo. Foto: Kasran/Koransultra.Com

Andoolo, Koransultra.Com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Selatan (Konsel), Irham Kalenggo memberikan apresiasi terhadap Pemda Konsel. Dimana Pemda Konsel kali ini menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Konsel yang ke-17 tahun, dengan memberikan berupa bantuan paket sembako bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Sabtu, (2/5/2020).

“Alhamdulillah hari ini Sabtu 2 Mei 2020 bertepatan dengan HUT Konsel yang ke-17, dengan situasi pandemik Covid-19 seperti ini Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan dan kita semua mengambil satu langkah-langkah cepat, dengan membagikan sembako sebanyak kurang lebih 40 ribu paket kepada warga yang terdampak virus corona. Tentu hal ini kita berikan apresiasi,” ungkapnya.

Dengan adanya wabah ini, Lanjut Irham, agar masyarakat senantiasa memanjatkan do’a di bulan suci Ramadhan ini. Mudah-mudahan musibah yang kita alami ini segera berlalu, sehingga kita bisa kembali menjalani kehidupan normal sebagaimana biasanya. Tentu ini hanya bisa terjadi kalau kita semua mematuhi daripada himbauan-himbauan pemerintah.

Irham mengatakan, di tengah-tengah musibah Covid-19 ini Pemerintah Daerah bersama DPRD telah mengalokasikan anggaran Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri dengan memotong anggaran kurang lebih 50%, baik belanja barang jasa maupun modal.

“Inilah yang kita distribusi melalui pembelian sembako. Kita berharap uang yang lagi standby itu, kalau virus ini segera berlalu maka tentu tidak digunakan semua. Akan tetapi kalau masalah ini terus berjalan, maka anggaran tersebut yang sudah kita sepakati bersama sebesar 167 Miliar akan terus digunakan,” ucapnya.

Irham menambahkan, pemerintah pusat mengantisipasinya dengan memberikan instruksi untuk kita memangkas uang sebanyak 50% dari total APBD kita. Jadi sekali lagi, bahwa yang kita bagi hari ini adalah instruksi pemerintah. Jadi kewajiban pemerintah, karena hari ini banyak masyarakat kita yang sudah tidak bisa lagi bekerja dengan baik.

“Makanya dibilangkan masyarakat dampak Covid-19. Jadi kena dampak itu bukan hanya karena dia terpapar penyakit, tetapi bahwa dengan dia tidak bekerja maka itu juga kita katakan sebagai persoalan, dan harus diberikan bantuan,” tambah Irham.

Kontributor: Kasran

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here