Wakil Bupati Konawe, Gusti Topan Sabara, menyerahkan bantuan kepada kelompok tani wanita di kelurahan Wawonggole. Foto: Nasruddin

Unaaha, Koransultra.Com- Pemerintah Kabupaten Konawe melalui dinas ketahanan pangan Kabupaten Konawe,menyerahkan sejumlah bantuan kepada Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani (KWT), ditiga kecamatan yakni kecamatan Unaha, Anggaberi dan kecamatan Bondoala.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh bapak Wakil Bupati Konawe,Gusli Topan Sabara, ST.,MM dengan didampingi oleh Muh. Akbar, Kadis ketahanan pangan serta Lurah Wawonggole.

Dalam sambutannya Gusli mengatakan, bantuan tersebut ditujukan agar masyarakat yang tergabung dalam kelompok wanita Tani (KWT) mampu menghasilkan bahan pangan berupa sayur-sayuran dengan memanfaatkan pekarangan sebagai sumber bahan pangan keluarga. Dengan cara ini maka secara bertahap diharapkan dapat meningkatkan keragaman pangan.

“Dengan pemanfaatan lahan yang ada kita bisa  memenuhi kebutuhan sehari-hari serta dapat menghemat pengeluaran kita,” jelasnya.

Terlebih dalam kondisi pandemi Covid 19 ini, peran ketahanan pangan sangat penting dalam penyediaan bahan pangan. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Konawe sejak lama mengantisipasi hal seperti ini dengan mengalokasikan anggaran dengan Kegiatan Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) berupa bantuan bibit sayur dan bibit ikan.

Selain program tersebut, pemerintah daerah telah menyiapkan dana sekitar Rp.150 milyar untuk ketahanan pangan, apalagi diketahui kabupaten Konawe dari 17 kabupaten kota di Sulawesi Tenggara tingkat perekonomiannya meningkat 9,20 persen hal itu dikarenakan sekitar 70 persen penduduk Kabupaten Konawe bermata pencaharian disektor pertanian.

“Program pemerintah kedepan adalah tanaman hidroponik, jadi saya harapkan masyarakat dapat memanfaatkan program pemerintah dengan baik,” pungkasnya.

Kontributor: Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here