Ilustrasi

Lasusua, Koransultra.com – Rencana pembangunan Bandar Udara (Bandara) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), tetap akan dilanjutkan.

Meski ditengah Pandemi Corona, Pemkab Kolut tetap mengupayakan agar pembangunan Bandara yang berlokasi di Desa Kalu-kaluku dan Lemetuna, Kecamatan Kodeoha tersebut dapat direalisasikan di bulan Mei tahun 2020.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Kolut Djunus mengatakan, semua persiapan dan persyaratan pembangunan Bandara telah terpenuhi mulai dari administrasi maupun teknis.

“Jadi semua prosesnya kita sudah serahkan ke ULP. Tinggal kita menunggu siapa yang akan jadi pemenangnya baru kita masuk dalam kontrak,” ujar Junus, Rabu (6/5/2020).

Menurut Junus, pembangunan Bandara Kolut telah mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi hingga pusat. Bahkan Kementrian Perhubungan juga telah mendesak Pemkab Kolut agar pembangunan segera direalisasikan.

“Tahun ini harus selesai pembenahannya agar anggaran APBN tahun 2021 segera direalisasikan. Makanya tahun ini anggaran APBD yang digunakan untuk persiapan lokasinya,” jelas Junus.

Junus menjelaskan, pembangunan bandara nantinya akan fokus pada sektor pembenahan lokasi. Dimana pembenahannya akan dimulai dari keliring hingga pembuatan talut di bibir pantai.

“Sesuai kondisi sekarang, proses pekerjaan tidak melibatkan banyak orang. Hanya alat berat saja yang akan banyak dioperasikan,” katanya.

Kontributor : Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here