Wakatobi, Koransultra.com – Bupati Wakatobi H. Arhawi, SE., MM menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahap pertama. Bertempat di aula kantor Desa Komala, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi. Sabtu (13/6/2020).

Bantuan tahap pertama ini diberikan kepada warga di dua desa diwilayah Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, meliputi Desa Komala dan Desa Wungka. Sebanyak 140 unit rumah warga yang tersentuh program BSPS.

Menurut H. Arhawi, tahun 2020 Pemda Wakatobi mendapatkan kuota BSPS sebanyak 470 unit. Bantuan tersebut akan tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Wakatobi dengan besaran bantuan Rp.17.500.000 perunit rumah.

“Harapan kami dengan adanya program BSPS dapat meringankan beban masyarakat dalam peningkatan kualitas rumah masyarakat, sehingga rumah tidak layak huni dapat kita kurangi,” ujar H. Arhawi.

Program bantuan stimulan perumahan swadaya lanjut Arhawi, anggaranya bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN. Program tersebut dimulai sejak tahun 2017 dan pemerintah daerah telah memperbaiki sebanyak 2.318 unit rumah, baik untuk peningkatan kualitas dan pembangunan rumah baru.

Sementara itu Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Wakatobi, Aswiadin mengatakan, penyaluran bantuan BSPS tahap dua direncanakan akan dilaksanakan pada agustus nanti, karena pendataan rumah tidak layak huni sudah dilakukan.

“Tahap kedua kami rencanakan penyalurannya pada bulan Agustus mendatang,” ungkapnya.

Kontributor: Surfianto Nehru

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here