Unaaha, Koransultra.com – Sebanyak 40 rumah di dua Desa di kecamatan Pondidaha terendam air akibat meluapnya air tanggul yang dikarenakan oleh curah hujan yang turun beberapa lalu cukup deras.

Ketinggian air yang merendam rumah dikedua desa yakni desa Laloika dan desa Wonua Monapa tersebut mencapai lima puluh centimeter.

Gusli Topan Sabara yang turun meninjau lokasi kedua desa tersebut pada malam hari langsung menyambangi warga yang terkena banjir sembari memberikan bantuan berupa beras dalam kemasan 10 kg.

Dihadapan warga yang terkena banjir, Gusli menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah telah melakukan koordinasi dengan pihak Badan Penanggulanan Bancana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe, agar segera menyiapkan tenda dan juga perahu karet untuk menjaga sewaktu-waktu terjadi banjir susulan sehingga warga dapat segera di evakuasi.

Gusli berharap intensitas hujan yang terjadi bisa menurun sehingga arus air dari bagian barat Konawe bisa surut dan warga di dua Desa Laloika dan Wonua Monapa bisa terhindar dari banjir.

“Bantuan yang diberikan malam ini mudah – mudahan bisa memenuhi kebutuhan pangan untuk beberapa hari kedepan,” harapnya, Senin (22/6/2020) malam.

Sementara itu Kepala desa Laloika, Wawan Setiawan, mengatakan dengan ketinggian air mencapai lima puluh centi meter sebagian warga masih bertahan di rumah masing masing dan sebagian kepala keluarga telah mengungsi di rumah sanak keluarga.

“Setiap tahun kami di dua desa ini selalu menjadi langganan banjir,” katanya.

Diketahui Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara mengunjungi kedua desa tersebut didampingi pemerintah desa dan aparat kepolisian dari Polsek Pondidaha.

Kontributor : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here