Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, saat berdialog dengan warga desa. Foto: Nasruddin

Unaaha, Koransultra.com – Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara bakal menutup penggilingan padi yang telah memainkan harga gabah petani sawah di Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe.

Pernyataan tegas tersebut disampaikan, GTS, usai bertemu dan berdialog langsung dengan warga korban banjir di Desa Laloika dan Desa Wonua Monapa. Selasa (23/6/2020).

Ali Basuki salah seorang petani yang bersama warga lainnya menyampaikan keluhan terkait harga gabah ditingkat petani yang mereka alami saat ini berbeda dengan ketentuan harga gabah hasil dari kesepakatan bersama antara Pemerintah Konawe, Bulog, KTNA yang mewakili petani serta para pengusaha jasa penggilingan yang menjadi Mitra Bulog pada bulan Mei 2020.

Dihadapan Wakil Bupati, Ali basuki menyampaikan harga gabah ditingkat petani hanya 350 ribu perkwintal atau sekitar 3500 perkilogram dibawah dari harga kesepakatan yakni 3600 perkilogram untuk harga gabah dibawah kualitas standar.

“Orang tua saya jadi korban tengkulak Pak wakil, dimana harga gabah perkwintal 350 ribu mana lagi potongan perkarungnya mencapai 15 Kilogram, kasian para petani pak belum lagi ongkos ojek yang bisa mencapai 30 ribu,” keluhnya.

Lanjut Ali, ada empat desa yang mengalami hal serupa yakni desa Lalonggatomi, Loloika, Ahuawatu dan desa Belatu yang mana luas hamparan sawah mencapai kurang lebih 400 Ha.

Menanggapi hal tersebut Gusli Topan Sabara, mengatakan kejadian tersebut dinilai tidak lagi adil bagi para petani, sementara diketahui bahwa harga gabah ditingkat petani telah disepakati bersama antara pihak Pemerintah, Bulog serta KTNA dan para pengusaha jasa penggilingan padi sebagai Mitra Bulog, yakni dengan harga gabah ditingkat petani 3600 perkilo atau 360 ribu perkwintalnya maka dengan acuan tersebut Pemerintah akan segera menindak tegas dan segera turun melakukan peninjauan di empat desa yang di maksud.

“Kita akan tindak lanjuti peluncur yang bersangkutan serta penggilingan yang dimaksud akan kita tutup, ini telah menjadi kesepakatan pemerintah dan pihak KaDivre Bulog Sulawesi Tenggara,” tegasnya.

Kontributor: Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here