Serah Terima Pengelolaan, Pemanfaatan Kota Tanpa Kumuh di Kolaka

Kolaka, KoranSultra.com – Serah Terima Pengelolaan dan Pemanfaatan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat Provensi Sulawrsi Tenggara (Sultra) yang diwakili oleh Kepala Balai Prasarana Permukinan Wilayah kepada Pemda Kabupaten Kolaka, bertempat di Taman Kotaku Eks Terminal Lama Kab. Kolaka, Senin (17/8/2020).

Dalam rangka acara serah terima pemanfaatan program Kotaku ini juga sekaligus dirangkaikan dengan penandatanganan berita acara penyerahan Aset Dinas PUPR kepada Dinas Lingkungan Hidup berupa Taman Depan Pelabuhan Feri dan Taman Adipura.

Pada kesempatan ini Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH menyampaikan, Kota Kolaka ini telah terbangun beberapa infrastruktur penataan kawasan kumuh perkotaan yang dibangun melalui program perkotaan kotaku skala kawasan dengan sumber dana dari Bank Dunia antara lain, pembangunan dan rehabilitasi drainase, pengaspalan jalan, pembangunan pedestrian, dan yang paling luar biasa adalah pembangunan “Ruang Terbuka Hijau”(RTH) ini yang dibangun di atas lokasi Eks Terminal Lama Kota Kolaka yang saat ini telah kita pindahkan di Mangolo tepatnya pada perbatasan pintu masuk Kota Kolaka.

Oleh karena itu, kami berpesan kepada kita semua agar tempat ini betul-betul dijaga dengan baik oleh karena program ini didapatkan dengan penuh perjuangan dan tidak semua Kabupaten Kota yang ada di Sulawesi Tenggara mendapatkannya.

Kami selaku pemerintah daerah dan masyarakat tentunya melalui kesempatan ini, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian PUPR melalui kepala balai khususnya Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Mustaba, S. ST., MT atas segala upaya dan dukungannya selama ini sehingga apa yang kita cita-citakan bersama dapat terwujudkan dan bisa kita saksikan saat ini.

“Saya juga berharap selaku pemerintah daerah semoga program “Kotaku” tahap ke II (Dua) untuk perbaikan kawasan Kumuh diseputaran taman laut kolaka juga dapat terwujudkan”, ungkapnya.

Setelah acara serah terima ini, dilanjutkan dengan Bupati Kolaka bersama dengan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah
dengan rombongan menghadiri peletakan batu pertama pembangunan rehabilitasi gedung RKB Sekolah Madrasyah Tsanawiyah (MTs) Negeri dan MAN Negeri Kolaka. Bupati Kolaka juga berharap, semoga pelaksanaan rehabilitasi gedung RKB MTsN 1, MTsN 2 dan MAN Negeri 2 Kolaka dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin, SE., ME, Ketua DPRD Kolaka H. Sainal Amrin, SE., MH, Jajaran Forkopimda, Sekda Kolaka Drs. H. Poitu Murtopo, M. Si ,Ketua Pengadilan Negeri Kab. Kolaka, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Kolaka, Kepala SKPD serta tamu undangan lainnya.

Kontributor: A. Jamal

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here