Kolaka, KoranSultra.com – Tahun 2020 ini Sebanyak 378 Nelayan asal Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara telah diverifikasi untuk memperoleh bantuan dari Pemerintah Pusat  melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berupa bantuan program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) demikian diungkapkan Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Perikanan Kabupaten Kolaka Ir. Abdul Kadir saat ditemui awak media disela sela kegiatan penyuluhan di Desa Tondowolio, Selasa (22/9/2020).

Selain bantuan Konversi ini, Nelayan yang memenuhi syarat juga mendapat bantuan mesin perahu BBG, “ Kita telah lakukan verifikasi nelayan di Kolaka dan data yang di peroleh sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan mesin perahu Bahan Bakar Gas. Hari ini kita lakukan penyuluhan kepada masyarakat  nelayan di Kolaka  yang mendapat bantuan mesin Perahu di desa Tondowolio  kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka,” ujar  Abdul Kadir.

Dikatakannya verifikasi ini berkat kerja cepat dan tanggap dari Dinas Perikanan dan penyuluh Perikanan Kolaka dalam mendata nelayan sehingga bisa langsung diajukan untuk diikutsertakan dalam program konversi BBM ke BBG. Dimana nelayan yang nantinya mendapat bantuan harus memenuhi syarat. Adapun syarat nelayan penerima bantuan, diantaranya harus memiliki Kartu Pelaku Usaha Perikanan (Kusuka) yang dikeluarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), memiliki perahu bermesin, menggunakan alat tangkap ramah lingkungan. “ Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk nelayan,” Harapnya.

Dikesempatan tersebut, Penyuluh Perikanan Kecamatan Tanggetada Ivonne Siswanty mengungkapkan dengan adanya konversi ini dipastikan adanya penghematan anggaran yang dikeluarkan nelayanan dengan hitungan jika menggunakan bahan bakar bensin seperti saat ini. “ Kita harapkan dengan sosialisasi ini nelayan bisa paham akan bantuan yang akan mereka dapatkan pada Oktober nanti,” kata Ivonne disela – sela kegiatan penyuluhan yang turut dihadiri Kepala desa Tondowolio.

Program ini nantinya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di desa Tondowolio kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara yang juga merupakan komitmen Bupati Kolaka H. Ahmad Safei di Bumi Mekongga.

Kontributor : A. JAMAL

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here