Koltim, Koransultra.com – MUI Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) secara terbuka melaksanakan deklarasi Pilkada Damai dan Demokratis yang di Laksanakan di Mesjid Nurul Jihad Kelurahan Raraa Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur Sulawesi Tenggara, Kamis (16/10/2020 ).

Kegiatan deklarasi ini dipimpin langsung oleh Ketua MUI Kabupaten Kolaka Timur ( Koltim ) Drs. H. Jamaluddin, S.Pd, M.Pd, didampingi oleh para pengurus MUI Koltim.
Dikesempatan tersebut Ketua MUI Koltim ini mengatakan ditengah kondisi Pandemi Covid -19 yang masih mewabah di Indonsia secara umum dan terkhusus di Kabupaten Kolaka Timur sementara dilain sisi pemerintah pusat memutuskan tetap melaksanakan Pemilu, maka MUI Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) memandang harus adanya peran serta para tokoh agama islam untuk bersama – sama menyukseskan Pilkada Koltim tahun ini 2020, Katanya.

Dikatakannya tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat menjadi klaster penyebaran Covid 19, sehingga MUI dalam delakrasi tersebut menekankankan dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Kolaka Timur tetap harus mengedepankan pindisiplisan protokol kesehatan Covid -19 agar dapat terciptanya pilkada yang sukses, damai, demoktaris, santun dan menggebirakan “ Sehingga semua masyarakat dapat menggunakan hak konstitusionalnya dengan senang tanpa ada tekanan dan ketakutan serta penyelenggara dan pengawas, maupun bagi masyarakat dapat terlindung dari penularan covid -19” Ujar H. Jamaluddin.

Beberapa poin penting dalam kegiatan deklarasi ini diantaranya , mengajak peran serta seluruh ormas islam dan masyarakat se -Kabupaten Kolaka Timur untuk berperan aktif mensosialisasikan perihal pendisiplisan protokol kesehatan dalam memberikan hak politiknya pada saat pelaksanaan Pilkada diKabupaten Kolaka Timur, Tahun 2020, selain itu pula Mengajak peran para ulama untuk aktif memberikan pesan dan mensolialisasikan perihal menghindari konflik dengan aktif memberikan nasihat dan imbauan kepada masyarakat untuk menghindari perselisihan, karena pelaksanaan Pilkada ini rawan terjadi konflik.

Dalam deklarasi ini juga mengajak para ulama untuk menjadi garda terdepan untuk menciptakan kondusivitas daerah, sehingga Pilkada berjalan aman dan lancar. Menghimbau kepada para tim sukses para paslon Bupati kolaka Timur untuk bersama- sama sukseskan pesta demokrasi pilkada Koltim dengan tetap mematuhi protokol coovid -19 dengan meminimalisir terjadinya terkerumunan yang bisa menjadi mata rantai penularan Covid-19

“ kami juga menghimbau para paslon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka timur untuk tetap mengedepankan cara-cara yang santun, beradab dan akhlakul karimah dalam berkontestasi sehingga tidak terjadi tidak saling menjatuhkan dengan menyebarkan berita fitnah dan hoaks”, tutup H. Jamaluddin

Kontributor : A. Jamal

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here