Unaaha, Koransultra.com– Dirjen Pothan Kemhan Republik Indonesia menghadiri Sosialisasi bela negara yang diselenggarakan Kesbangpol konawe, dan diikuti oleh tujuh Organisasi masyarakat (Ormas) dikabupaten Konawe, bertempat di kantor Kesbangpol, 19 November 2020.

Kegiatan Webinar tersebut dibuka langsung oleh Sekda Konawe, Ferdinand Sapan dengan didampingi oleh Letkol Caj Drs I Wayan Sundawan, M.si dan Mayor. Hendra, dari Dirjen Pothan Kemhan Republik Indonesia dengan menghadirkan narasumber dari Dirjen Pothan Kemhan, Kolonel Arh. Luhkito, Kasubdit lingkungan Pemukiman dan Muh.Choirul Anwar, Kepala Departemen Pertahanan (Kadephan) bidang Pencegahan dan Deradikalisasi, BNPT Pusat.

Dalam kesempatan tersebut Letkol.Caj.Drs, I Wayan Eka Sundawan, M.si, selaku Ketua Tim mengatakan kegiatan bela negara bertujuan untuk meningkatkan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air serta sadar akan berbangsa dan bernegara, dan memiliki keyakinan terhadap pancasila sebagai ideologi negara, lanjutnya terkait Pengertian bela negara tersebut adalah sikap, tekad, prilaku, tindakan yang menunjukkan kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Dengan tertanamnya nilai-nilai tersebut maka semua diharapkan memiliki awal kemampuan dalam bela negara, sebab bela negara buka hanya tugas TNI serta Polri semata, tapi menjadi hak dan kewajiban seluruh warga negara hal tersebut tercantum dalam pasal 27 ayat 3 UUD 1945 dan diatur juga dalam UU tentang HAM,” terang I Wayan Eka Sundawan

Dalam kegiatan bela negara, lanjutnya, Dirjen bela negara Kemenham membagi dalam tiga lingkup diantaranya lingkup Pendidikan, lingkup Pemukiman serta lingkup Pekerja. Untuk Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara sendiri kegiatan bela negara yang di selenggarakan hari ini masuk dalam program Pemukiman yang salah satunya adalah ormas, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda.

Adapun Ormas yang mengikuti sosialisasi bela negara tersebut diantara adalah, PMI, Forum Bela Negara, PPI atau Purna Paskibra Indonesia, Alumni Bela Negara, Kibar Konawe dan Karang Taruna Tunas Muda.

Kontributor : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here