Unaaha, Koransultra.com– Dinas Lingkungan Hidup (DLH ) Kabupaten Konawe peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN),  pada tanggal 21 Februari 2021 kemarin.
HPSN 2021 kali ini mengangkat tema sampah bahan baku ekonomi dimasa pandemi. Dan sebagai wujud aksi momentum peringatan HPSN tahun 2021, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe melakukan aksi pungut sampah dan bersih-bersih lingkungan.

Aksi tersebut dilakukan dibeberapa titik yakni jalan protokol kota Unaaha dan berakhir di perbatasan kota Unaaha dengan kecamatan Wonggeduku Barat serta  jalan poros Besulutu sampai Sampara.

“Dari aksi tersebut pihak kami berhasil mengumpulkan sampah kertas dan plastik seberat 100 kilogram, selanjutnya sampah tersebut disedekahkan di gerai Bank Sampah Bumi Mepokoaso di kecamatan Wobar,”kata Ilhaham Jaya, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Konawe, 22 februari 2021.

Lewat momen HPSN tahun ini, sambung Ilham Jaya, pihaknya juga mengajak seluruh warga terbiasa memilah sampah rumah tangga yang bisa bernilai ekonomis. Katanya, beberapa jenis sampah rumah tangga semisal botol kemasan air mineral, kardus bekas, dan lainnya, bisa dikonversi menjadi uang.

“Caranya, dengan menukarkan beberapa jenis sampah rumah tangga tersebut ke gerai Bank Sampah yang sudah terbentuk di Konawe. Selain mendatangkan nilai ekonomis bagi masyarakat, cara itu dianggap ampuh untuk mengurangi volume sampah harian yang diangkut menuju Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Mataiwoi,” tutup Ilham Jaya.

Kontributor : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here