Ferdinand Sapaan, Sekda Konawe

Unaaha, Koransultra.com– Walaupun Pemda Konawe memastikan pembayaran honor perangkat desa akan segera dibayarkan, akan tetapi apa menjadi hak aparat yang dimaksud sepertinya belum bisa dinikmati secepatnya oleh para aparat desa.

Pasalnya pencairan honor 2019 tergantung dari dokumen APBDes dari pemerintah desa itu sendiri, sementara sampai saat ini dokumen tersebut belum diterima oleh pihak DPMD Konawe selaku verifikator tingkat kabupaten.

Seperti yang dikatakan, Keny Yuga Permana, Kadis PMD Konawe saat ditemui diruang kerjanya baru-baru ini, belum satupun kepala desa yang menyerahkan dokumen APBDes nya untuk dilakukan verifikasi.

Keny Yuga Permana, Kadis BPMD Kab. Konawe

“Belum ada yang masuk, kalau ada kami akan lakukan verifikasi dan honornya akan dibayarkan,” kata Keny.

Sebelumnya Sekda Konawe, Ferdinand sapaan mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Konawe telah menyiapkan anggaran untuk pembayaran honor aparat desa tahun 2019 selama 2 bulan.

Akan tetapi kata Ferdinad, pembayaran honor tersebut kemungkinan dapat dinaikan menjadi tiga bulan apabila APBDes yang diserahkan para kepala desa masuk pada bulan April 2021 mendatang.

“Untuk saat ini dana yang siap dua bulan, kemungkinan juga bisa kita bayarkan tiga bulan apabila APBDes nya masuk bulan april, nanti kita lihat,”terangnya.

Ditambahkan, dirinya telah merekomendasikan kepada Kadis keuangan untuk membayarkan honor tersebut kepada desa yang telah menyerahkan APBDes tanpa harus menunggu APBdes dari pemerintah desa yang lain.

“Misal kalau hanya sepuluh desa yang sudah menyerahkan dokumen APBDes nya akan kami bayarkan honor tersebut,”pungkasnya.

Kontributor : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here