Agus suyono, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Konawe

Unaaha, Koransultra.com– Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos mulai disalurkan. Di kabupaten konawe sendiri sebanyak 8984 KK bakal menerima Bantuan Sosial Tunai terhitung per April 2021.

Data tersebut mengalami penurunan dari 13436 KK penerima manfaat pada tahap sebelumnya.

Agus Suyono, Kadinsos Konawe mengatakan turunnya data penerima BST dikarenakan permasalahan data yang ditemukan saat perbaikan data kependudukan diantaranya terdapat warga penerima memiliki ID BDT ganda, Satu ID BDT dua pengguna, terdaftar sebagai penerima bantuan tetapi tidak terbit ID BDT dan terdapat nama penerima yang ganda.

Untuk itulah dirjen kependudukan dan pencatatan sipil melakukan pemadanan data yang berdasar dari data yang dimiliki oleh DTKS dan data direktorat PKH.

” Jadi bukan penghapusan hanya penundaan saja, dananya sudah tersimpan di direktorat fakir miskin tinggal menunggu penyepadanan data saja, dan bila sudah konek tinggal disalurkan kepada penerima manfaat,” terang Agus Suyono.

Dikatakan atas kondisi tersebut, 4452 KK penerima BST yang ditunda proses pencairannya dan pencairan program BST covid 19 dari kementrian sosial dikatakan berakhir pada bulan april 2021.

” Sampai saat perbaikan data untuk PKH mencapai 85 persen, BNPT 99,76 persen, dan BST mencapai 100 persen,” tutupnya.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here