Unaaha, koransultra.com- Pemerintah desa momea kecamatan Tongauna terus meningkatkan pembangunan infrastruktur pedesaan.

Salah satunya adalah pembangunan tersier sepanjang 1,5 km dengan metode PKTD

Kades Momea, Jumar mengatakan tersier atau saluran air tersebut akan memberikan manfaat langsung pada masyarakat terutama petani, Sehingga mampu meningkatkan ekonomi di desa melalui peningkatan hasil produksi pertanian.

Selain hasil, kata Jumar, proses pembuatanpun dikerjakan secara swakelola, itu dilakukan untuk menciptakan dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi warga desa.

“Sesuai program pemerintah kita menggunakan metode PKTD yang mana anggaran pembuatan tersier tahap I ini sebesar 35 juta bersumber dari anggaran Dana Desa Tahun 2021,” ungkap Jumar, kamis (7/5).

Selain pembangunan infstruktur pengairan, Kades yang dikenal Gaul ini mengklaim telah menuntas semua program desa diantaranya pendataan SDGs dan pengimputan IDM telah kelar dilaksanakan, selain itu dalam pencegahan penyebaran virus corona, telah dilakukan penyemprotan disekpentan dirumah serta fasilitas pelayanan publik untuk mencegah penyebaran Covid-19 didesa Momea.

Untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Pemerintah desa Momea sendiri menganggarkan dana sebesar 15 juta yang disalurkan kepada 50 KPM untuk tahap I tahun 2021 untuk penyaluran bulan Februari 2021.

“Saat ini kami juga menyalurkan Bantuan Langsung Tunai kepada warga yang berhak menerima akibat dampak wabah corona,”pungkasnya.

_______________________________________________
Laporan Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here