Unaaha, Koransultra.com– Bulan Juli 2021 mendatang semua satuan tingkat pendidikan di kabupaten Konawe akan kembali membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan sistem online.

Hal tersebut disampaikan, Suryadi, Kadis Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Konawe saat ditemui awak media, diruang kerjanya, baru-baru ini.

Dikatakan, PPDB tahun 2021 merujuk dari Peraturan Bupati yang mana penerimaannya dilakukan secara online dan dengan menggunakan sistem zonasi.

Namun, pihaknya tidak memungkiri dalam penerapan sistem online ada beberapa kecamatan yang belum siap melakukan PPDB secara online, seperti kecamatan Latoma dan Routa hal itu di terkendala jaringan internet di wilayah tersebut. Sehingga kedua kecamatan dalam masa PPDB dimungkinkan menggunakan sistem offline atau manual.

Selain kendala jaringan penetapan sistem zonasi juga menjadi hal yang patut di perhatikan, karena hanya beberapa sekolah saja yang menerapkan terlebih pada sekolah yang menjadi sekolah favorit seperti Sekolah Dasar Islam Terpadu atau SDIT, pihaknya akan melakukan kordinasi terlebih dahulu terkait sistem zonasi.
“Kita akan berkomunikasi dengan pihak sekolah. Karena memang sekolah itu (SDIT) menjadi pilihan, meningkatnya minat peserta didik baru terhadap SDIT menjadi PR buat Diknas Konawe untuk mengatur, karena terkait dengan sistem zonasi,” terangnya.

Diketahui sistem zonasi sangat bermanfaat untuk melakukan percepatan pembangunan pendidikan yang merata, berkualitas, dan berkeadilan, sebagai suatu sinergi dan integrasi pelayanan pembangunan pendidikan.

Ia menambahkan, yang menjadi syarat utama dilakukan tatap muka adalah para pendidik sudah melakukan vaksinasi covid 19. Dan saat ini guru di beberapa kecamatan tengah menjalani vaksinasi yang dimaksud.

“Untuk guru baik ASN dan Non ASN wajib ikut vaksin, meski masih ada beberapa guru yang enggan untuk vaksin karena alasan tertentu,” katanya.

Ia berharap, vaksinasi kepada guru dilakukan agar dipastikan aman dari COVID-19 sebelum dilakukan belajar tatap muka.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here