Unaaha, Koransultra.com– Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe menerima kunjungan Tim Penilai Lomba Kelurahan Dan Desa Tahun 2021, di Desa Padang Mekar, Kecamatan Padangguni Kabupaten Konawe dibalai desa Padang Mekar, Senin 30 Agustus 2021.

Tampak hadir dalam acara penyambutan tersebut Kepala Dinas BPMD Konawe, Keni Yuga Permana, Ketua TP PKK Kabupaten Konawe, Titin Nurbaya Saranani, dan Asisten III Setda Konawe, Taharudin Saranani.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Setda Konawe, Taharudin, mengatakan lomba desa yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Provinsi Sultra ini merupakan langkah komprehensif secara terarah, terkoordinasi dan berkelanjutan, yang semua itu dilakukan dalam rangka membangun pembinaan pada pemerintah desa.

Evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang dilakukan DPMD provinsi Sultra, sejalan dengan program pemerintah daerah Konawe yang secara kontinyu melakukan pembinaan dan pengawasan pada penyelenggaraan pemerintahan desa yang diapresiasikan melalui lomba desa tingkat kabupaten.

“Pada hakekatnya lomba desa menguatkan kerukunan antar masyarakat melalui partisipasi dan kerjasama serta kemandirian masyarakat dalam membangun desa,”ungkapnya.

Disampaikan pada penilaian lomba desa tahun 2021 ini memberikan makna yang berbeda, karena dilakukan masa pandemi covid 19, sehingga evaluasi lomba desa dan kelurahan di kabupaten Konawe, tertunda pelaksanaannya dikarenakan penerapan PPKM.” Bukannya Kabupaten Konawe terkhusus Desa Padangguni belum siap, kami sangat siap dalam penilaian sesuai jadwal, tetapi kami meminta penundaan dikarenakan kabupaten Konawe dalam kondisi menerapkan PPKM, hal tersebut berdasarkan surat edaran Gubernur Sultra dan surat edaran Bupati Konawe, untuk membatasi segala kegiatan masyarakat yang berpotensi mengumpul kerumunan masyarakat, ” ungkapnya.

Dirinya berharap hasil kunjungan ini bisa membawa Desa Padang Mekar menjadi juara I tingkat Provinsi Sultra, mengingat tingkat perkembangan dan pertumbuhan ekonomi Desa Padang Mekar tumbuh ditopang dengan SDA yang memadai, serta penyajian data desa di lakukan dengan sistem online.”kami optimis desa Padang mekar Kecamatan Padangguni mampu meraih predikat terbaik dalam lomba desa tingkat provinsi Sultra,”harapnya.

Sementara itu, La Ode Paliawaludin, Ketua Tim Penilai yang juga Plt Kepala Dinas DPMD Provinsi Sultra menyampaikan sambutan Gubernur Sultra, Ali Mazi, mengatakan kegiatan penilaian evaluasi perkembangan desa dan kelurahan berdasar pada Permendagri nomor 81 tahun 2012, intruksi Kemendagri nomor 3 tahun 2021, surat kemendagri nomor 414.4/0838/BPD tahun 2021serta SK Gubernur nomor 283 tahun 2021 tentang pembentuk tim penilaian lomba desa dan kelurahan.

” Tujuan dari evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tersebut adalah untuk melihat sejauh mana tahapan dan keberhasilan pemerintahan desa dan kelurahan dalam melaksanakan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan didesa dan kelurahan.”kata la Ode Paliawaludin.

Dilanjutkannya, bahwa terdapat tiga bidang dalam melakukan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yaitu bidang pemerintahan desa dan kelurahan, bidang kewilayahan desa dan kelurahan, dan bidang kemasyarakatan desa dan kelurahan.

Dirinya juga menyampaikan dalam evaluasi desa dan kelurahan yang dilakukan secara bertahap tersebut tidak hanya menitik beratkan pada tata profil desa dengan dokumen perencanaan dan penggaran desa dan kelurahan tetapi juga memperhatikan inovasi-inovasi desa dalam menangani pencegahan bencana alam serta wabah covid 19 saat ini.

Hal tersebut mengacu pada pada Surat Keputusan Gubernur nomor 283 tahun 2021 terkait momentum penilaian evaluasi lomba desa dan kelurahan menekankan pelaksanaannya pada protokol kesehatan covid 19 yang ketat.

“Ada empat tahapan dalam evaluasi ini diantaranya penilaian administrasi, kemampuan peserta lomba, klarifikasi lapangan, dan tahap keempat penetapan juara,” tutupnya.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here