Unaaha, Koransultra.com– Badan
Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe, bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menggelar Rapat Pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra),Rabu 6 Oktober 2021.

Rapat tersebut membahas tentang kebijakan penganggaran sampai ke plafon anggaran di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemda Konawe tahun anggaran 2022 mendatang.

Ketua DPRD Konawe H. Ardin sekaligus sebagai Ketua Badan Anggaran DPRD Kabupaten Konawe, memimpin jalannya rapat tersebut dan didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kadek Rai Sudiani dan anggota banggar lainnya.

Hadir pula dalam rapat tersebut Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Konawe, pada kesempatan itu ketua TAPD Konawe memaparkan asumsi dasar penyusunan kebijakan anggaran pemerintah tahun 2022.

Dihadapan peserta rapat, Sekretaris Daerah Konawe tersebut memaparkan mulai dari dasar hukum, metodologi yang gunakan dalam perencanaan pembangunan, tema pembangunan, analisis peran sektoral dan kondisi perkembangan PDRB sektoral Kabupaten Konawe 2017-2020.

Sementara Ketua DPRD Konawe H. Ardin ditemui di sela-sela rapat mengatakan sesuai jadwal rapat pembahasan R- KUA PPAS itu akan dilakukan pembahasan / konsultasi selama empat hari. kata dia, itu berdasarkan agenda Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Konawe.

Dikatakan dengan waktu tersebut Badan Anggaran atau Banggar punya waktu yang cukup untuk melakukan pengkajian dan analisis terhadap kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2022.

“Kita harapkan diskusi antara Banggar dan
TAPD dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kondisi riil kebutuhan daerah tentunya dengan berbagai pertimbangan di segala aspek yang berkaitan dengan rencana RAPBD 2022,” kata H.Ardin

H. Ardin berharap pembahasan R- KUA PPAS yang nanti akan berlanjut ke Penandatangan Nota Kesepahaman Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( RAPBD) Konawe tahun 2022 dapat memberikan manfaat yang sebesar besarnya untuk daerah dan masyarakat Konawe.

“Kita berupaya melahirkan APBD yang
berkualitas yang bisa mengakomodir bebagai permasalahan dan kepentingan daerah sesuai dengan kemapuan keuangan daerah kita,” tutupnya.

Sebelumnya, Pimpinan DPRD Konawe bersama Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa telah menandatangani Nota Kesepahaman tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) Kabupaten Konawe tahun anggaran 2021.

Setelah dilakukan Penandatangan Nota
Kesepahaman RAPBD – P 2021, Pimpinan DPRD Konawe kemudian meyerahkan dokumen RAPBD-P tersebut kepada Pemerintah Daerah untuk kemudian dikonsultasikan ke Provinsi Sulawesi Tenggara sebelum ditetapkan sebagai APBD Perubahan Kabupaten Konawe tahun 2021. (ADV/NAS)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here