Unaaha, koransultra.com– Budidaya ikan air tawar dan sayuran merupakan cara efektif yang dilakukan warga desa Unaasi Jaya, Kecamatan Abuki Kabupaten Konawe.

Sebelum masa pandemi Covid 19 melanda, aktifitas menanam tanaman holtikultura dan budidaya ikan air tawar menjadi mata pencaharian warga desa dan ini merupakan aplikasi ketahanan pangan bagi keluarga.

Kepala Desa Unaasi Jaya, Wertog, mengatakan tanaman Holtikultura berupa sayur sayuran petani desa Unaasi jaya kabupaten Konawe penuhi kebutuhan pasar dikota Kendari bahkan pengiriman menembus pasar di Manado, Sulteng.

” Hampir 40 persen pasar-pasar di kota Kendari pengadaan sayur sayurannya hasil dari sini desa Unaasi Jaya dan desa walay, bahkan petani kami pernah mengirim sayuran ke kota Manado,Sulawesi Utara,” ungkap Wertog, Kades Unaasi Jaya, saat ditemui di areal kebun miliknya.

Kades Unaasi Jaya, Wertog, Tengah memberi makan ikan air tawar di Empang miliknya.

Sebagai seorang pemimpin, dirinya selalu memberikan motivasi dan contoh kepada masyarakat desa untuk terus berinovasi dalam dunia pertanian terutama bercocok tanam sayuran, sebab prosek yang dihasilkan dari sayuran sangat menjanjikan dalam menunjang kesejahteraan masyarakat.

” Saya tidak memberi motivasi dari belakang tetapi terjun langsung menggarap kebun dan empang, Alhamdulillah hasilnya sekarang banyak warga yang ikut,”ungkapnya bangga.

Sejauh ini instansi terkait telah melakukan kunjungan ke daerahnya untuk melihat prospek dan perkembangan holtikultura didesa Unaasi Jaya, dari hasil kunjungan tersebut bantuan pertanian didesa Unaasi jaya turun untuk kebutuhan masyarakat petani.” Pemda sangat merespon petani kami telah mendapatkan berbagai bantuan dari pemda,”bebernya.

Terkait kendala tentunya ada, Wertog menyatakan ketersediaan pupuk dan bibit terkadang menjadi kendala bagi petani didesa Unaasi jaya, terkadang pupuk dan bibit harus diusahakan sendiri oleh para petani

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here