Unaaha, Koransultra.com– Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Desa Anggoro kecamatan Abuki mencapai target yang diberikan dari sekian desa dan kelurahan sekecamatan Abuki.

Desa yang berjarak kurang lebih 22 km dari ibukota kabupaten Konawe tersebut memiliki unsur tanah yang subur, bertani merupakan matapencaharian sebagian besar penduduk desa anggoro.

Tentunya dengan ditunjang lahan pertanian yang subur itulah realisasi pajak desa Anggoro mencapai target yang telah ditetapkan pemerintah.

Kepala Desa Anggoro, Ruslan mengatakan target PAD kepada mereka yakni Rp 36juta. Dimana, sumber PAD tersebut berasal dari pajak bumi dan bangunan.

” Untuk kecamatan Abuki desa Anggoro mencapai target dan paling cepat dalam realisasi pembayaran pajak yang diberikan,” ujarnya.

Dirinya mengungkap, capaian target ini tidak lepas dari adanya bentuk kerjasama antara masyarakat dan pemerintah desa yang aktif mensosialisasikan manfaat dari pajak itu sendiri.

Sosialisasi dimaksudkan juga untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan warga dalam membayar tagihan PBB yang menurutnya, dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan tetap merupakan solusi terbaik.

Ruslan juga mengakui banyak lahan yang berada diwilayahnya dimiliki oleh warga luar desa yang tidak bermukim didesa Anggoro, dan ini menyulitkan perangkat desa melakukan penagihan.

” Ada beberapa lahan yang pemiliknya bukan warga Anggoro, dan ini menyulitkan aparat, dan terkadang double objek pajaknya dalam persoalan tersebut kami kordinasi dengan keluarga pemilik lahan untuk mencari solusinya, dan terkadang keluarga dari wajib pajak tersebut yang bayarkan,” tutupnya

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here