Unaaha, Koransultra.com –  Melalui pendampingan guru yang berpengalaman, para  siswa SMKN SPP Wawotobi lakukan inovasi dibidang pertanian maupun peternakan, saat ini sekolah yang beralamatkan di kelurahan Lalosabila Wawotobi kabupaten Konawe tengah kembangkan ayam organik atau ayam probiotik.

Kepala sekolah SMKN SPP Wawotobi, Ikhawal, mengatakan pengembangan tersebut telah berlangsung lama dan dilakukan oleh anak didiknya.
Bahkan produksi ayam organik tersebut telah dipasarkan di beberapa wilayah.

” Alhamdulillah ayam organik atau biasa disebut ayam probiotik ini hasilnya telah pasarkan diwilayah unaaha dan Wawotobi ” ujarnya.

Kata dia pengembangan ayam probiotik ini sangat sederhana dan hemat biaya dikarenakan untuk pakan, vitamin serta  obat ayam organik tersebut mudah ditemukan karena menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan dilingkungan sekitar diantaranya daun sereh dan daun pepaya.

Selain pengembangan ayam probiotik pihak sekolah juga tengah kembangkan kebun agrowisata, dimana lokasi perkebunan itu terdapat di halaman sekolah SPP Wawotobi. Di kebun agrowisata ini, pembeli bisa langsung menikmati keindahan perkebunan yang ditata layaknya taman wisata pada umumnya.

” Perkebunan berbasis wisata tersebut sudah berjalan selama tiga tahun, dan mendapat respon dari masyarakat terutama para siswa diluar SMKN SPP Wawotobi,” terangnya.

Dengan motto menyiapkan generasi pertanian yang berwawasan lingkungan sehingga mampu membuka lapangan kerja dibidang pertanian. Pihak sekolah Mengharapkan siswa kedepan dapat berwirausaha didunia pertanian dan menjadi petani – petani milineal, tutupnya.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here