Unaaha, Koransultra.com – Peranan guru sangat penting dalam pembangunan pendidikan karena guru merupakan salah satu faktor yang dominan dalam membangun dan menciptakan generasi masa depan bangsa.

Hal itu dikatakan oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, dihadapan ratusan  tenaga guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak atau guru PPPK se-kabupaten Konawe.

Sebagai seorang pendidik, lanjut Kery, seorang guru harus mampu menjadi panutan dan tauladan bagi warga sekolah dan masyarakat luas pada umumnya, karena dengan karakteristik yang dimiliki seorang guru, akan sangat berpengaruh terhadap pengembangan sumber daya manusia.

“Guru adalah pemimpin sejati, pembimbing dan pengarah yang bijaksana, keteladanan guru yang baik adalah contoh yang baik dari guru yang baik yang berhubungan dengan sikap perilaku, tutur kata, mental maupun yang terkait dengan akhlak yang patut dijadikan contoh peserta didik,”katanya Kery beberapa waktu lalu.

Dengan guru yang berprofesional, kata Kery kita dapat menciptakan generasi penerus Konawe yang mempunyai jiwa dan karakter yang cerdas dan berahlak mulia. Jadilah panutan dilingkungan pekerjaan masing-masing, berikan contoh yang baik pada seluruh warga sekolah, dan masyarakat luas terkait dengan kepatuhan dalam bekerja.” Ujar Kery Saiful Konggoasa.

Karena itulah, Bupati dua periode ini menitip pesan pada para guru agar menjadikan sekolah sebagai rumah ke dua dalam mewujudkan iklim sekolah yang nyaman dan aman Iayaknya taman-taman yang indah seperti yang telah di contohkan oleh Ki Hajar Dewantara.

Selain itu, guru juga harus dapat menguasai bidang tugas pokok dan fungsinya masing- masing, dengan mempelajari hal-hal yang baru terutama dalam era modern sebagai aktualisasi diri, meningkatkan prestasi kerja serta menghindari berbagai bentuk penyimpangan yang akan berdampak negatif bagi diri, keluarga dan lingkungan kerja bahkan masyarakat secara luas. Bekerjalah dengan baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsi sebagai pengajar.

” Ingat Guru adalah panutan, guru adalah harapan bangsa, tanpa jasa seorang guru kita bukan siapa-siapa dan tanpa guru saya tidak bisa berdiri disini, menjadi seorang Bupati” pungkasnya. (ADV/NAS)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here