Unaaha, Koransultra.com– Indeks Pembangunan Manusia adalah indikator pertumbuhan ekonomi dan sosial disuatu daerah. Sementara untuk kabupaten Konawe di tahun 2021 indeks pembangunan manusia berada pada urutan ke-4 dibawa kota Kendari  bau-bau dan Kolaka.

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah Konawe, Ferdinand Sapaan pada awak media beberapa hari lalu.” Tahun ini, IPM kita bisa saja turun kalau sektor pendidikan dan kesehatan tidak mempertahankan posisinya dengan baik. Hal itu akan sangat terlihat dikinerja kita,” ujarnya.

Ferdinan menambahkan, saat ini Konawe berada di rangking 180 dari lebih dari 500 kabupaten/kita se-Indonesia. Ia mengingatkan agar setiap indikator IPM tetap dijaga.

“Selain sektor pendidikan dan kesehatan, masalah perumahan termasuk di dalamnya. Untuknya itu kepada Dinas PUPR agar memperhatikan masalah izin pembangunan BTN. Kasi izin, tapi buat lebih tertata, khususnya sanitasinya,” terangnya.

Ferdinan juga tak lupa berterimakasih kepada Badan Pusat Statistik (BPS) Konawe yang banyak memberikan data-data. Kata dia, data tersebut penting karena menjadi indikator perencanaan pembangunan di daerah.

“Kita berbeda dengan daerah lain. Pendekatan kita berbasis data. Dari situlah kebijakan pembangunan kita ambil,” pungkasnya.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here