Kepala Inspektorat Kabupaten Konawe, Rebiansyah P Halip

Unaaha, Koransultra.com– Maraknya pengaduan masyarakat kepihak APH, terkait penggunaan Dana Desa, Kepala Inspektorat Kabupaten Konawe, Rebiansyah P Halip imbau para kepala desa untuk berhati-hati dalam mengelola dana desa.

Ia mengatakan secara umum dikabupaten Konawe, masih kurang memadainya sumber daya manusia dalam mengelola sistem tata pemerintahan yang baik termasuk sistem pengelolaan keuangan menjadi salah satu penyebab.

” Setidaknya ada tiga hal yang diperhatikan oleh pemerintah desa yang biasa disebut governance , risk and control, yakni tata kelola pemerintahan desa, manajemen resiko serta pengendalian,” ungkap Rebiansyah.

Salah satu desa wisata melalui anggaran dana desa

Ia mengatakan dalam menyusun suatu program, pemerintah desa harus dapat memetakan resikonya, idealnya harus dilakukan identifikasi terlebih dulu kemungkinan yang dapat menghambat visi misi kegiatan yang direncanakan.

Menurutnya bila sudah teridentifikasi jenis risiko yang dihadapi, dinilai memudahkan kepala desa dalam bertanggung jawab untuk membuat kebijakan antisipasi kemungkinan terjadinya risiko yang sudah diidentifikasi tersebut.

Selanjutnya kata Rebiansyah adalah pengendalian atau control, dikatakan pengendalian sangat dibutuhkan, sebab setiap program desa harus selalu dipantau pelaksanaannya.

” Jadi itu obatnya ada tiga, apapun itu baik di OPD, perusahaan daerah maupun di swasta, jadi harapan saya melalui identifikasi resiko kita bisa meminimalisir kesalahan yang akan terjadi,” Tandasnya.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here