Sekda Konawe saat membagikan kendaraan operasional

Unaaha, Koransultra.com– Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat, pemerintah kabupaten Konawe membagikan kendaraan operasional untuk enam UPTD Puskesmas di Konawe.

Diantaranya puskesmas Unaaha, Tongauna Utara, Soropia, Anggaberi, Morosi dan Alosika. Penyerahan bantuan motor operasional bagi enam puskesmas itu, secara simbolis dilakukan Sekretaris kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan kepada koordinator imunisasi ditiap puskesmas tersebut, beberapa hari lalu.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan berharap bantuan motor operasional itu bisa meningkatkan kinerja para aparatur sipil negara (ASN). Terutama, tim medis lingkup Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe dalam melakukan pelayanan bagi masyarakat ditiap kecamatan.

“Saya ingatkan para kepala puskesmas (Kapus) dan para petugas kesehatan, layani pasien atau masyarakat dengan sebaik-baiknya. Jangan beda-bedakan status ekonominya. Sebab, tugas kita sebagai ASN adalah untuk mengabdikan diri kita kepada masyarakat sesuai tanggungjawab masing-masing,” pinta Ferdinand Sapan.

Sementara itu, Kepala Dinkes Konawe drg Mawar Taligana mengatakan, pengadaan motor operasional bagi enam puskesmas itu, bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2022. Hanya saja, dirinya mengaku tak tahu persis berapa nominal keseluruhan pengadaan motor operasional bagi enam puskesmas di Konawe tersebut.

“Jumlah anggarannya saya kurang hafal. Intinya, ini untuk kendaraan operasional petugas medis di kecamatan saat posyandu dan imunisasi,” ujarnya.

drg Mawar Taligana menyebut, pengadaan kendaraan operasional bagi puskesmas, diporsikan tergantung kemampuan DAK. Namun ditahun 2023, lanjutnya, kemungkinan tidak ada pengadaan kendaraan operasional berupa mobil ataupun motor untuk puskesmas di Konawe.

“Kalau DAK mencukupi, kita anggarkan. Tapi kemarin hanya enam yang di acc disesuaikan kemampuan anggaran,” tutupnya.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here