Unaaha,Koransultra.com– Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe, melalui Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Bersama BPBD yakni dengan menyalurkan air bersih di Dua Kecamatan yang kekurangan air bersih.

Hal itu bagian upaya dalam mengantisipasi dampak El Nino yang diperkirakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang masih akan terjadi hingga akhir 2023.

“Kami menyalurkan air bersih kepada warga yang terdampak kemarau (El Nino) di dua kecamatan yakni Kecamatan Soropia dan Kecamatan lalonggasumeeto, ” ungkap Kabid Damkar Konawe, Puguh Sudarijono. Minggu, 15 Oktober 2023.

Puguh mengatakan pendistribusian air bersih ini dilakukan bergilir dan saat ini kecamatan lalonggasumeeto.

“Ini disalurkan secara bergilir. Karena armada juga cuma satu . jadi, kita buat skedul itu umpama hari ini lalonggasumeeto dan besoknya lagi Kecamtan Soropia, ” ujarnya.

Ia mengungkapkan , untuk sumber air bersih yang akan disalurkan diambil dari PDAM. Satu kali trip air bersih yang disalurkan sebanyak 5.500 liter.

“Kalo kami itu hanya mengambil air bersih dari PDAM dan dibawa ke desa-desa, ” ujarnya.

Kabid Damkar juga menyebut, sudah 8 desa yang ada dalam tanggap darurat yang terdampak El Nino.

“Kecamatan Soropia itu desa Bajo, Bajo Indah, Leppe, untuk Kecamatan Lalonggasumeeto, Desa lalobonda, Desa Bumi Indah, desa Lalonggasumeeto, desa Tolawawo, Desa Puuwonua,” terangnyan

Namun, Lanjut Puguh Untuk Desa puuwonua hingga hari ini, pihaknya belum menyalurkan air bersih, dikarenakan sumber air masih teratasi di desa tersebut, .

Lebih lanjut, Ia menyampaikan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dalam pemyaluran air bersih.

“Tanggap daruratnya 14 hari operasi untuk Damkar 10 hari. Rata-rata yang kami salurkan, mereka mengambil sumber air dari pengunungan itu sampai hari ini juga pun airnya pada kering semua, ” katanya

“Kita turunkan semua personil, cuman bergilir tiap hari ganti personil, kalau di Damkar 50 personil. Tiap harinya 8 sampai 9 orang, ” pungkasnya.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here