Unaaha, Koransultra.com– Panwaslu Kecamatan Unaaha resmi melantik 64 Pengawas Tempat Pemungutan Suara atau PTPS, disalah satu hotel di Kabupaten Konawe, Senin 22 Januari 2024.

Hadir pada pelantikan tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Konawe, Abuldan, Camat Unaaha, Danramil serta Ketua PPK Kecamatan Unaaha.

Pelantikan dipimpin Ketua Panwaslu Kecamatan Unaaha, Musran didampingi Jumain Kordiv HP2H, Harman kordiv P3S, ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji serta penandatanganan fakta integritas.

Dalam sambutannya, Ketua Panwaslu Kecamatan Unaaha, menekankan kepada Pengawas TPS untuk bekerja maksimal dalam mengawasi dan mengawal jalannya pemilu pada Pebruari mendatang. Ia juga mengharap PTPS menjaga integritas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas.

“Saya harap bagi PTPS yang baru saja dilantik jalankan amanah dan tanggung yang diberikan dengan sebaik-baiknya, mari kawal agar dalam pemilihan nanti tidak ada kecurangan,” ujar Musran

Dikatakan, ada beberapa poin penting yang harus dijalankan penyelenggara diantaranya, mengawasi dan mencegah terjadinya kecurangan, memastikan pemilih menggunakan hak suaranya dengan bebas.

“Memastikan tidak adanya tekanan dari pihak manapun, meningkatkan pengertian publik pemilu, dan mengoptimalkan partisipasi masyarakat terhadap pemilu jujur dan adil,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan kondusfitas di lapangan, para Pengawas TPS dilarang merangkap ketua tim pemenangan calon, baik itu Pilpres, DPD, DPRI,DPR Provinsi ataupun DPRD Kabupaten.

“Lakukan pengawasan sebaik-baiknya dan selalu menjaga kekompakan antar penyelenggara, agar pemilu kita harapkan berjalan sukses,” tandasnya

Kegiatan ini dirangkaikan dengan pembekalan Bimbingan teknis (bimtek) pengawasan kepada 64 PTPS.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here