Unaaha Koransultra.com– Penjabat Bupati Konawe Harmin Ramba menghadiri rapat koordinasi Lintas Sektor yang dilaksanakan di selatan grand Jakarta Gandaria City hotel Jakarta Selatan, pada selasa 30 januari 2024.

Rapat tersebut adalah pembahasan rancangan peraturan kepala daerah tentang rancangan detail tata ruang atau RDTR.

Saat menyampaikan sambutannya Penjabat Bupati Konawe Harmin Ramba, memberikan apresiasi kepada ATR/BPN, tim Penyusun RDTR dan Tim Teknis yang telah bekerja keras dalam menyusun Dokumen Rencana Detail Tata Ruang Wilayah Perencanaan Kecamatan Routa Kabupaten Konawe.

Kata Harmin, Rencana tata ruang wilayah ini bukan sekadar dokumen formal saja tetapi merupakan panduan strategis bagi pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Sehingga proses penyusunan RDTR ini melibatkan berbagai stakeholder, baik dari kalangan pemerintah, akademisi, maupun masyarakat umum.

” Tujuan penataan ruang WP Routa itu sendiri adalah mewujudkan kawasan Routa sebagai pusat pertumbuhan baru melalui pembangunan infrastruktur, pengembangan perumahan, pengembangan pertanian dan industri hilir strategis serta pariwisata secara berkelanjutan berlandaskan kearifan lokal.,” kata Harmin Ramba.

Lanjutnya Pemerintah Kabupaten Konawe akan terus mendukung dan mendorong inisiatif-inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing Kecamatan Routa, dengan cara terus berkoordinasi dengan pihak terkait, baik swasta maupun lembaga pemerintah lainnya, untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif dan mendukung pertumbuhan ekonomi kecamatan Routa.

Selain itu dikatakan pengembangan potensi kecamatan Routa juga harus diimbangi dengan upaya pelestarian lingkungan. Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan secara bijaksana dan berkelanjutan agar dapat dinikmati oleh generasi-generasi mendatang.

” Melalui implementasi RDTR, diharapkan kecamatan Routa dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, memberikan manfaat maksimal bagi masyarakatnya, dan menjadi contoh bagi wilayah lain dalam pembangunan yang berdaya saing dan berwawasan lingkungan.” Pungkasnya.

Diketahui pada Rakor tersebut dihadiri Direktur Jenderal Tata Ruang Ir. Gabriel Triwibawa, M.Eng.Sc, Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II, Kementrian ATR/BPN Ibu Reny Windyawati, ST, M.Sc, Bupati Konawe Selatan ,Pj. Bupati Kolaka, Pj. Bupati Buton, Pj. Bupati Lombok Timur, Perwakilan Kementrian dan Lembaga, Para Kepala OPD lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara dan Provinsi Nusa Tenggara Barat serta Para Kepala OPD lingkup Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Buton Kolaka dan Lombok Timur.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here