Unaaha, Koransultra.com– Ribuan masyarakat Hindu Bali Kabupaten Konawe melaksanakan upacara Melasti dalam rangka menyambut Hari nyepi yang dihadiri oleh Penjabat Bupati Konawe, Harmin Ramba di Bendung Wawotobi, Jumat 8 Februari 2024.

Perayaan ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Konawe, Ahmad Lita, Anggota DPRD kabupaten Konawe, Kadek Rai Sudiani, Ketua PHDI Kabupaten Konawe, Kepala Organisasi Perangkat Daerah serta sejumlah Tokoh Umat Hindu.

Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba dalam sambutannya mengatakan selain dalam rangka menyambut tahun baru saka1946 perayaan melasti ini juga merupakan tahapan dalam menjaga keberlangsungan keragaman umat Hindu di Kabupaten Konawe.

” Semoga Perayaan Melasti ini menjadi satu momentum untuk menumbuhkan kesadaran diri dalam melakukan catur brata dan penyucian serta dapat meningkatkan Solidaritas dalam merekatkan keanekaragaman beragama di Kabupaten Konawe,” sambut Harmin Ramba.

Kepala Kesbangpol Provinsi Sultra ini mengajak seluruh umat Hindu di konawe untuk mengambil hikmah dari Perayaan ini sebagai proses spritual penyucian diri dalam rangka meningkatkan etos kerja berbudaya yang berlandaskan Shanti, yakni dimana Bumi di pijak disitu langit di junjung.

” Saya yakin dan percaya umat Hindu adalah umat yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan,” lanjutnya.

Ditambahkan umat Hindu atau masyarakat Bali yang menetap dibeberapa Kecamatan ini telah menjadi bagian masyarakat Konawe yang telah berkontribusi banyak terhadap pembangunan dan ikut menjaga potensi yang ada terutama potensi di sektor pertanian.

” Saya berharap momentum Hari Raya Nyepi menjadi langkah untuk mewujudkan cita-cita Kabupaten Konawe yang merupakan cita-cita kita bersama dalam menjadikan Kabupaten Konawe sejahtera, mandiri, berbudaya dan berdaya saing,” tutupnya. (ADV/Nas)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here