Surabaya, Koransultra.com – Pj Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Harmin Ramba, menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas prestasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi melalui Menteri Dalam Negeri, Titto Karnavian, pada Kamis, 25 April 2024 di Balai Kota Surabaya dalam rangkaian puncak peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII.

EPPD merupakan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat terhadap pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menilai kinerja penyelenggaraan pemerintahan, termasuk pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Harmin Ramba, Pj Bupati Konawe, mengungkapkan bahwa penghargaan ini sangat ditunggu-tunggu oleh semua kepala daerah karena terdapat insentif yang cukup besar yang diberikan kepada daerah melalui prestasi kepala daerah berkinerja tinggi.

“Jumlahnya sekitar Rp 29 miliar. Dana tersebut masuk tahun ini sambil menunggu petunjuk teknis. Ini luar biasa, karena sangat dibutuhkan untuk pembangunan di Konawe,” ujar Harmin.

Dana tersebut akan dialokasikan untuk program pembangunan yang telah direncanakan, seperti upaya menekan inflasi, mengatasi kemiskinan ekstrem, dan mencegah stunting.

“Program-program tersebut menjadi prioritas utama. Selain itu, kami akan memperbaiki birokrasi dan tata kelola pemerintahan. Kami juga akan membangun infrastruktur yang mendukung sektor pertanian, sumber daya air, dan tiga program yang disebutkan sebelumnya,” jelasnya.

Harmin juga menyampaikan bahwa prestasi yang diraih saat ini tidak terlepas dari kemampuan sistem pemerintahan yang telah dijalankan sesuai dengan mekanisme. Ia berharap dapat mencari sumber anggaran dari luar ke depannya, sehingga tidak terlalu membebani APBD dalam menjalankan pembangunan.

“Kami menargetkan pembangunan jalan yang telah direncanakan mendapatkan sumber anggaran dari APBN,” tambahnya.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here