Unaaha Koransultra.com– Pejabat (Pj) Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, SE., MM., memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Konawe tahun 2024 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati pada Kamis (2/5/2024).

Dalam upacara tersebut, Pj Bupati Konawe membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim. Dr. H. Harmin Ramba SE., MM., menyampaikan bahwa hari ini merupakan bukti bahwa kita telah melewati tantangan dan menjadi lebih tangguh.

“Kita tidak hanya melewati tantangan, tetapi juga berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan,” ujar Dr. H. Harmin Ramba SE., MM.

Ia juga menyampaikan bahwa di tengah hantaman ombak yang besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang dalam tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia.

Pada masa pandemi Covid-19, Kemendikbudristek telah menghadirkan Kurikulum Merdeka untuk membantu guru dan murid dalam proses belajar mengajar. Upaya tersebut telah berhasil mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Sekarang, Kurikulum Merdeka akan diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Dr. H. Harmin Ramba SE., MM., juga menjelaskan bahwa Merdeka Belajar bukan hanya strategi dalam mengajar, tetapi juga merupakan langkah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri. Ia berharap agar guru dapat memiliki inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Di akhir pidatonya, Dr. H. Harmin Ramba SE., MM., menyampaikan bahwa pemerintah daerah akan memberikan kepastian hukum bagi para guru dengan mengangkat mereka sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Ia juga memberikan penghargaan kepada tokoh pendidikan yang telah berjasa dalam mempersembahkan dedikasi dan pengabdian mereka sebagai PNS di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada para guru non-PNS dengan masa kerja paling lama serta pemberian kendaraan roda dua kepada masing-masing pengawas pendidikan.

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional ini menjadi momen penting untuk mengapresiasi peran pendidikan dalam pembangunan bangsa dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Konawe.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here