Jakarta,Koransultra.com– Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2024 telah resmi dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Balai Sidang Jakarta Convention Center pada Senin, 6 Mei. Kegiatan ini dimulai dengan laporan rencana kerja pemerintah (RKP) 2025 yang disampaikan oleh Kepala PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa.

Suharso Monoarfa mengungkapkan bahwa rancangan awal RKP Tahun 2025 didasarkan pada pendekatan teknokratik yang merinci rancangan akhir RPJPN 2025-2045 dan rancangan teknokratik RPJMN 2025-2029. Tujuan dari Musrenbangnas ini adalah untuk mengkonsolidasikan usulan-usulan dari forum-forum sebelumnya.

Dalam pembukaan acara, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya memperhatikan pertumbuhan ekonomi global yang diprediksi hanya tumbuh 3,2 persen dan dampak Covid-19 yang masih terasa. Beliau memperingatkan agar pengelolaan anggaran dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan skala prioritas. Selain itu, Presiden juga menyoroti perlunya sinkronisasi pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah.

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, yang hadir dalam acara tersebut, memastikan bahwa rencana kerja yang disusun dapat terlaksana. Dia menyebut beberapa program strategis yang akan diawasi, seperti pembangunan jalan, pelabuhan, dan bendungan, serta mendorong program hilirisasi industri, pertanian, dan kelautan. Hal ini menunjukkan komitmen untuk mengawal dan memajukan pembangunan daerah secara berkelanjutan.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here