Unaaha, Koransultra.com – Setelah meninjau persiapan peresmian Bendung Wawotobi yang akan dilakukan oleh Presiden Jokowi, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, langsung mengunjungi korban banjir di Desa Waworaha, Kecamatan Lambuya, Kabupaten Konawe pada Sabtu (11/05).

Dalam kunjungannya, Pj Bupati Konawe menyalurkan 150 paket sembako kepada korban banjir yang telah berada di lokasi tersebut selama seminggu.

Harmin Ramba mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi yang terjadi di Desa Waworaha. Ia telah memasang Pos Tanggap Darurat untuk menyediakan pelayanan air bersih kepada warga terdampak banjir.

Menurut Harmin Ramba, banjir yang terjadi di Desa Waworaha disebabkan oleh kerusakan tanggul pengairan yang menyebabkan meluapnya air sungai Konaweeha ke pemukiman warga. Oleh karena itu, ia memerintahkan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari untuk segera memperbaiki kerusakan infrastruktur tanggul tersebut.

” Tanggul ini berada dalam kewenangan BWS, kita sudah buat berita acara darurat dan kita mengusulkan penanggulangan sementara untuk tanggul tersebut,” kata Harmin Ramba.

Selain perbaikan tanggul, Harmin Ramba juga akan melakukan perbaikan jalan masuk ke Desa Waworaha sepanjang 6 kilometer. Jalan ini merupakan jalan yang menghubungkan Desa Waworaha dengan pusat ibukota kecamatan. Perbaikan jalan tersebut menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Daerah Konawe.

” Ini masuk Wilayah saya (jalan) dan saya langsung memprogramkan tahun 2025.” Tutupnya.

Harmin Ramba menegaskan bahwa perbaikan tanggul dan jalan masuk ke Desa Waworaha merupakan upaya untuk memulihkan kondisi pasca banjir dan meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here