Unaaha, Koransultra.com – Sebanyak 33 orang wartawan asal Sulawesi Tenggara mengikuti Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Kamis 16/05/2024.

Pra UKW ini dibuka oleh Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Hendri C Bangun yang diikuti total peserta 91 orang dari 3 Provinsi yakni Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Sulawesi Tengah.

Saat membuka kegiatan Hendri berpesan kepada para peserta untuk fokus mengikuti dan mendengarkan materi yang disampaikan nantinya. ” Sebab isinya penting untuk kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) nantinya.” Kata Hendri dihadapan peserta yg mengikuti kegiatan Via Dalam Jaringan (Daring) zoom meeting.

” Silahkan diikuti dan fokus mendengarkan materi yang sangat berguna tersebut.” Pesan Hendri.

Para peserta pra UKW ini mengikuti kegiatan yang dijadwalkan berlangsung hingga sore hari dimana sejumlah materi dipaparkan para pemateri diantaranya, Materi Kode Etik Jurnalistik dan Hukum Pers (UU Nomor 40 th 1999 tentang Pers, peraturan-peraturan Dewan Pers) yang disampaikan oleh Uyun Achadiyat, pada sesi selanjutnya materi yang dibahas terkait Standar Kompetensi Wartawan, Bahasa Indonesia Jurnalistik, Perencanaan liputan, investigasi, editing, evaluasi yang disampaikan oleh Firdaus Komar. Dan pada sesi terakhir pembahasan terkait Materi Teknik wawancara, Penulisan berita (straight news, feature, tajuk) oleh M Nasir.

Ketua PWI Sultra, Sarjono mengapresiasi semangat calon peserta mengikuti pembekalan dengan narasumber, yakni Direktur UKW DR Firdaus Komar dan Penguji Uyun Ahdiat.

Ia mengatakan UKW merupakan tolok ukur profesionalitas wartawan dalam menjalankan tugasnya.

“UKW bukan hanya seremonial, tapi tolok ukur profesionalitas wartawan. Wartawan yang kompeten adalah wartawan yang menguasai kode etik dan hukum pers, serta mampu menulis berita yang akurat dan berimbang,” jelas Sarjono.

Peserta Pra Uji Kompetensi Wartawan ini dibagi menjadi 3 kelompok wartawan dalam tiga jenjang yakni Muda untuk wartawan yang menjadi pelaksana jurnalisme (reporter), Madya untuk yang mengelola ruang redaksi (redaktur) dan Utama untuk para pimpinan redaksi atau penanggung jawab redaksi.

Laporan : Andriansyah Siregar

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here