Unaaha, Koransultra.com – Bertempat di Lapangan Upacara Halaman Kantor Bupati Konawe, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang dihadiri oleh seluruh pejabat Eselon dan pegawai di Lingkup Pemkab Konawe, Sabtu 01/06/2024.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe, Ferdinand Sapaan memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″.

Inspektur Upacara membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Dalam sambutannya disampaikan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″, ” Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ujar Ferdinand Sapaan membacakan sambutan Kepala BPIP.

Dalam momentum Hari Lahir Pancasila ini, pemerintah mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Katanya.

Dikesempatan tersebut, Selaku pimpinan Aparatur Sipil Negara (ASN), Ferdinand mengajak segenap komponen masyarakat, siswa, guru, dan pimpinan beserta staf birokrasi pemerintah daerah, untuk terus mengamalkan apa yang menjadi tanggungjawab kita sebagai warga negara, yaitu menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Dalam mengamalkan Pancasila agar dapat memahami tentang historis, kultur, filosofis, dan bagaimana yuridis Pancasila, sehingga secara utuh kepada para individu dapat mematuhi dan harus patuh terhadap Pancasila,” ujarnya.
Ditambahkannya, didalam Pancasila terkandung makna bagaimana mensejahterakan rakyat Indonesia, dan menegakkan keadilan seadil-adilnya. Kata Sekda Konawe mengakhiri pembacaan sambutan yang juga ditandai dengan berakhirnya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. (Rls/Red**)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here