Unaaha, Koran Sultra – Tak jauh dari Kediaman Rumah Jabatan Bupati Konawe, Si Jago merah mengamuk melalap hutan yang letaknya berdekatan dengan pemukiman warga di Kelurahan Puunaaha Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe, senin 30/11 sore kemarin.

Meski api yang semakin membesar namun tak juga Nampak penanganan dari petugas Pemadam Kebakaran padahal areal kebakaran hutan hanya beberapa ratus meter saja jaraknya dengan Rujab orang nomor satu di Kabupaten Konawe ini.

Karena paniknya melihat api yang membakar hutan yang mulai mendekat keareal pemukiman warga setempat pun berusaha memadamkan api yang semakin membesar dengan peralatan seadanya.
Warga yang berusaha memadamkan api berbekal peralatan seadanya ini mengaku kewalahan mengatasi kobaran api yang semakin membesar, “ kami sudah berusaha untuk memadamkan api ini namun apa daya dengan alat yang seadanya kami tidak mampu untuk memadamkan api yang sudah terlanjur menyebar luas ini apa lagi kami juga tidak berani untuk terlalu dekat dengan kobaran api. “ ujar salah satu dari warga lingkungan rahabangga yang sibuk membantu memadamkan kobaran api.

IKLAN KPU

Warga setempat menduga, kebakaran hutan ini merupaka kiriman dari daerah lain yang merembes hingga nyaris masuk kepemukiman warga di Lingkungan Rahabangga, “ kemungkinan ini adalah api kiriman dari daerah lain karena api ini berasal dari puncak gunung dan merembet sampai kebawah sini.” Ungkapnya.

Mereka menyayangkan lambanya penanganan pihak Pemerintah mengatasi kebakaran lahan yang terjadi di kawasan hutan tersebut, “ sejak kami berusaha memadamkan kobaran api hingga kami meninggalkan lokasi tempat terjadinya kebakaran tersebut belum juga tampak adanya penanganan dari pihak pemadam kebakaran” katanya

Dengan adanya insiden kebakaran hutan tersebut warga setempat harus berjaga dimalam hari untuk mengatisipasi adanya rembetan api hingga ke pemukiman mereka.

Kontributor : Akbar
Editor : Andre

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here