Tirawuta, Koran Sultra- Salah seorang warga yang tidak dikenal ikut melakukan hak pilihnya di TPS 3 kelurahan Ladongi Kecamatan Ladongi Koltim. Orang tersebut diduga menggunakan C1 milik warga Ladongi atas nama Agus.

Karena dianggap bukan warga ladongi, Saksi pasangan nomor urut tiga Muhammad Buddu dan Ridwan Basnapal (Mubarak) Protes pada PPS agar jangan dibiarkan untuk melakukan pencoblosan.

” awalnya, orang yang tidak dikenal itu masuk ke TPS menyetorkan C1 pada PPS, namun dihalau oleh saksi Mubarak. Katanya dia mengenal semua warga ladongi dan orang itu bukan warga ladongi, sehingga dia proses agar dilakukan pemilihan ulang” Kata Pengawas TPS M. Agusman.

Menurut dia, seharusnya tidak perlu diadakan pemungutan suara ulang sebab, orang yang tidak dikenal itu suaranya tidak dihitung karena belum sempat memasukan ke kotak surat suara.

“Dia tidak sempat memasukan surat suara ke kotak surat suara karena di halau oleh Linmas yang bertugas saat itu. Namun karena pihak saksi Mubarak ngotot agar diadakan pemungutan suara ulang makanya kami laporkan ke Panwaslu kabupaten. Agar diadakan pemungutan ulang” Ujarnya.

IKLAN KPU

Berdasarkan data dari Agusman, saat perhitungan suara tercatat dari total 449 daftar pemilih tetap(DPT) di TPS 3 kelurahan Ladongi, yang sempat melakukan pencoblosan hanya berjumlah 325 orang 145 laki laki 182 perempuan. Dengan total suara masing masing nomor urut satu memperoleh suara 4 ,nomor urut dua 99 suara, nomor urut tiga 117 suara sedangkan nomor urut empat memperoleh suara sebanyak 104. Dengan total pemilih sah 324 sedangkan surat suara tidak sah 1 karena salah coblos. Sedangkan yang tidak datang melakukan pencoblosan sebanyak 124 orang.

Sementara itu, saat diadakan pemungutan suara ulang oleh Panitia pemungutan suara(PPS) di kantor kelurahan Ladongi Jaya tercatat jumlah wajib pilih yang datang hanya 163 Dengan persentase masing masing suara. nomor urut satu memperoleh suara nol, nomor urut dua 130, Pasangan nomor urut tiga 14, dan nomor urut empat memperoleh suara 19 suara. dengan estimasi suara sah 163 dan suara tidak sah nol. pemungutan berjalan dengan kondusif meskipun disaksikan puluhan warga namun dijaga ketat oleh beberapa anggota kepolisian dan Linmas.

Kontributor : Dekri

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here