KM Sabrina berhasil di evakuasi oleh Tim SAR Sultra. Foto Surfianto Nehru
KM Sabrina berhasil di evakuasi oleh Tim SAR Sultra. Foto Surfianto Nehru

Wakatobi, Koran Sultra – KM. Sabrina, asal Wakatobi menuju Tikong (Taliabo) mengalami patah kemudi hingga sempat hilang kontak selama sehari semalam sudah ditemukan diperairan Menui bagian Kepulauan Wawoni’i, demikian disampaikan oleh Rahim, Kepala Syahbandar Wilayah Kerja Wanci.

Dijelaskan Rahim, Kapal tersebut bertolak dari pelabuhan Wanci, Kecamatan Wangiwangi Kabupaten Wakatobi pada Minggu pagi, (25/7/2016) sekitar pukul 10.00 Wita dengan jumlah penumpang sebanyak 74 orang.

Terakhir mangalami hilang kontak pada Senin sore sekitar pukul 05.00 waktu setempat.
“Kapal ini bertolak dari sini kalau sesuai jadwal seharusnya kemarin siang itu sudah bersandar di Pelabuhan tikong. Namung setelah dikroscek ternyata tidak bisa dihubungi,” jelas Rahim.

Mengetahui hal itu kata dia, pihaknya langsung melakukan kordinasi dengan Tim SAR kendari untuk segera mencari tau keberadaan kapal itu.

“Saat itu juga kami langsung hubungi SAR kendari dan malamnya, mereka langsung berangkat lakukan pencarian hingga akhirnya berhasil ditemukan sekitar jam 7 pagi tadi di perairan Menui bagian kepulauan Wawoni’i,”sambungnya.

Ditambahkan, Menurut informasi dari Tim SAR yang melakukan pencarian, kapal tetsebut ditemukan dalam keadaan mengalami patah kemudi sehingga Awak kapal tidak dapat berbuat banyak,”untung saja, saat ditemukan ternyata sudah ada dua buah kapal kecil milik nelayan yang terlebih dahulu merapat,”tambah Rahim.

Lebih jauh dia menjelaskan, untuk mengevakuasi para penumpang, kapal tersebut digiring menuju pelabuhan terdekat dari lokasi ditemukannya kapal tersebut,” saat coba dipindahkan penumpangnya ke kapal milik SAR, mereka mengalami kendala karena kondisi cuaca yang kurang baik sehingga ditakutkan kapal akan berbenturan,”pungkasnya.

Sejauh ini dilaporkan semua penumpang dalam keadaan selamat serta tidak ada korban luka maupun korban jiwa.

Kontributor : Surfianto Nehru

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here