Lasusua, Koran Sultra – Memanasnya konsolidasi para bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Kolaka Utara periode 2017-2022 kian meningkat. Suhu politik di tahun politik ini pun kian memanas menyusul belum ada Balon yang didukung Resmi dari beberapa Partai besar.

Pejabat yang masih aktif berstatus Pegawai Negeri Sipil dan Anggota DPRD juga tampil meramaikan hajatan Pilkada 2017. Fonomena perang terbuka mulai menunjukan taring untuk merebut simpatik warga.

Balon yang gengsi memilih jalur independen berburu di jalur parpol, Maklum hanya Pertai PDIP yang berhak mengusung paketnya, sementara Partai lainnya tidak memenuhi kuota sebagaimana aturan yang termaktub dalam UU Pilkada.

Jalan koalisi pun menjadi catatan menarik untuk mengintip teka-teki gandengan sejoli politis pasca pemerintahan dua Priode Rusda Mahmud ini.

Wakil Bupati Bobby Alimuddin berpasangan H. Maksum Ramli Kadis Kebersihan yang telah mendaftar di DPD Golkar, PDIP dan PBB semakin memperkuat sang petahana maju bertarung. Sementara itu H.Nurrahman Umar SH.MH Kadis pertambangan yang telah mendaftar di Partai Demokrat, PDIP, PKB dan PKS melirik pasangannya H. Abbas Anggota DPRD yang memiliki kesamaan konsep dan komitmen dengan dirinya. Dilain sisi pasangan Anton balon bupati yang mendapat restu PAC Partai PAN Golkar dan PDIP hanya mengandalkan figur yang berpredikat orang baik dan rendah hati yakni balon wacabup Haedirman yang menjabat asisten III Pemda Kolut sekarang. Menyusul balon Bupati Ulfa Haeruddin yang masih menjabat anggota DPRD yang juga Kader Partai PDIP yang memiliki 6 kursi di DPRD bersanding dengan Burhanudin PNS dilingkup Dinas PU.

Sampai saat ini baru Pasangan H. Nurrahman dan H. Abbas yang resmi memiliki rekomendasi dari Partai PKB sementara balon yang lainnya masih berbentuk Isu. Akankah keempat calon akan bertarung sampai garis finis sementara perebutan Partai sudah dititik NOL belum terdengar siapa yang diselimuti partai hingga mencukupi Kuota untuk maju sebagai Kandidat Pilkada Kolut priode tahun 2017 – 2022 mendatang.

Kontributor : Israil Yanas

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here