Wakil Bupati Kolaka, Muh. Jayadin saat menyambangi kediaman warga penderita gangguan jiwa ini, foto : Aswar
Wakil Bupati Kolaka, Muh. Jayadin saat menyambangi kediaman warga penderita gangguan jiwa ini, foto : Aswar

Kolaka, Koran Sultra – Dua Warga yang di Pasung oleh Keluarganya ini menarik simapti berbagai kalangan.

Salah satunya datang dari Wakil Bupati Kolaka Muh. Jayadin, yang begitu mendapati Informasi adanya warga Kelurahan Sea Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka yang dipasung lantaran mengidap gangguan jiwa turun melihat langsung kondisi warga ini.

Bahtiar dan Yusridawati, demikian nama kedua warga yang sudah dipasung cukup lama, berdasarkan sumber Kondisi pemasungan yang dialaminya ini sudah berlagsung hingga puluhan tahun.
Prihatin melihat kondisi kedua warga ini, Wabup Kolaka selanjutnya memerintahkan agar keduanya dirujuk Ke Rumah Sakit Jiwa Kendari untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, ketimbang dipasung seperti itu.

Menurut Jayadin, Pemasungan yang dilakukan kepada Penderita Gangguan jiwa seperti itu bukanlah suatu hal yang baik untuk kondisi kesehatan penderita, “ bukannya memberikan kesembuhan, bahkan penderitaan akan terus dialami, sehingga tidak mengetahui keadaan sekitarnya” kata Jayadin.

“ Harus segera dibawa kerumah Sakit Jiwa, Jika tidak dilakukan penanganan secepatnya kedua warga ini kondisi kejiwaannya akan semakin parah” imbau Wabup Kolaka ini yang didampingi oleh Kadis Sosial Kolaka pada rabu 07/12 kemarin.

Tak Hanya bertemu dengan kedua penderita gangguan jiwa ini, Dirinya juga menyempatkan mengunjungi warga lainnya yang menderita Lumpuh selama lima belas tahun.
Mukram, Penderita Lumpuh yang sudah belasan tahun ini juga mendapat perhatian serius dari wabup kolaka, “ penderita lumpuh ini juga akan diberikan perhatian serius untuk segera dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pengobatan atau terapi, supaya dapat beraktifitas seperti warga lainnya” ujar Muh. Jayadin.

Kontributor : Aswar
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here